Samsat Kubar Bersama Satlantas Polres Kubar Gelar Razia Dan Sosialisasi Pemutihan Pajak Kendaraan

302 views

Razia dan Sosilisasi Pemutihan Pajak Tahun 2023

Petugas Gabungan Samsat, Satlantas Polres Kubar dan Jasa Raharja Memeriksa Kelengkapan Surat Kendaraan Sekaligus Sosialisasi Pemutihan Pajak Kendaraan ( Istimewa )

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR

Razia gabungan dan sosialisasi kembali digelar di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur dan menyasar pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak. Kegiatan ini digelar di jalan dua jalur depan Kejaksaan Negeri Kutai Barat dan di depan Pabrik batu giling PT. Budidaya, Mencimai.

Razia  dan sosialisasi yang berlangsung pada Kamis, 20 Juli 2023 diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Badan Pendapatan (Bapenda) Provinsi Kaltim Wilayah Kutai Barat bekerjasama dengan Satlantas Polres Kubar serta Jasa Raharja

 

Kepala UPTD PPRD Bapenda Wilayah Kubar, Mulia Pardosi ( Istimewa )

Kepala UPTD PPRD Bapenda Provinsi Wilayah Kutai Barat, Mulia Pardosi kepada awak media mengatakan pelaksanaan razia gabungan ini dalam rangka mensosialisasikan program pemutihan pajak  oleh Pemerintah Prov. Kaltim melalui Bapenda Provinsi Kalimantan Timur.

Razia ini merupakan salah satu program kerja UPTD PPRD Wil Kubar yg rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan menindaklanjuti instruksi Kepala Bapenda Provinsi  Kaltim  Dra. Hj. Ismiati, M. Si  atas tidak tercapainya realisasi  penerimaan Pajak Daerah khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sampai dengan semester  I tahun 2023 ini dari target yg telah ditentukan.

“Razia ini juga bertujuan untuk menjaring dan mengingatkan kembali masyarakat  wajib pajak terhadap kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor sesuai dengan masa pajak kendaraan itu sendiri karena pajak ini sangat dibutuhkan untuk membiayai pembangunan dan pemerintahan, ” jelasnya.

Selanjutnya Razia ini merupakan Sosialiasi untuk mengingatkan kembali bahwa Pemutihan/Relaksasi Pajak 2023  akan berakhir pada tanggal 29 Juli 2023 ini,  harapan kita supaya masyarakat wajib pajak dapat memanfaatkan semaksimal mungkin program Pemutihan/Relaksasi ini dgn sisa waktu yg tersedia.

Pemutihan/Relaksasi pajak kendaraan meliputi pembebasan denda PKB dan bebas denda BBNKB kedua dan seterusnya, diskon 2 persen bagi wajib pajak yang membayar pajak tepat waktu, diskon 10 persen bagi wajib pajak yang menunggak 2 tahun.

Diskon 20 persen bagi wajib pajak yang menunggak 3 tahun, dan diskon 30 persen bagi penunggak pajak 4 tahun. Sedangkan untuk diskon 40 persen ditujukan bagi penunggak pajak 5 tahun serta pembebasan pajak progresif, bebas bea balik nama kedua dan seterusnya tetapi tidak termasuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Beberapa wajib pajak membayar pajak langsung ditempat pelaksanaan razia dan sosialisasi ( Istimewa )

Untuk diketahui Pemerintah Provinsi melalui Bapenda juga menyiapkan program Gebyar Pajak tahun 2023 bagi masyarakat yang taat pajak akan berkesempatan mengikuti undian hadiah total 4 milyar dengan masing-masing pemenang tabungan 4 juta (belum dikurangi pajak 25 persen ) yang akan diundi akhir bulan juli 2023 ini.

Mulia Pardosi mengakui dengan adanya program pemutihan ini, masyarakat yang membayar pajak kendaraannya meningkat dari sebelumnya.

“Kalau tidak ada razia ini, saking sibuknya saya lupa kapan pajak kendaraan saya mati,” ungkap Alek yang langsung membayar pajak tahunannya di Samsat Mobile di tempat pelaksanaan razia kendaraan. ( ADV )#Kornelius

Komentar

comments