Samsat Kubar Bersama Satlantas Polres Kubar Gelar Razia dan Sosialisasi

1,268 views

Razia dan Sosialisai Relaksasi Pajak Tahun 2023

Pemeriksaan Kendaraan dan Sosialisasi Relaksasi Pajak Kendaraan Tahun 2023. ( Istimewa )

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR,

Tim gabungan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltim Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah Kutai Barat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap bekerja sama Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kubar dan Perwakilan Jasa Raharja Kutai Barat menggelar pemeriksaan surat-surat dan kelengkapan bagi para pengendara yang melintas di depan kantor Samsat Pembantu Kecamatan Melak, Selasa 20 Juni 2023.

Kepala UPTD PPRD Wilayah Kubar, Mulia Pardosi mengatakan, razia bertujuan untuk mengingatkan masyarakat terkait pentingnya surat kelengkapan dalam berkendara dan meningkatkan kesadaran wajib pajak terhadap kewajiban membayar pajak kendaraan.

“Juga sosialisasi terkait pemutihan pajak kendaraan tahun 2023,” ungkap Mulia Pardosi.

Kepala UPTD PPRD Wilayah Kubar, Mulia Pardosi ( Istimewa )

Pemutihan pajak kendaraan meliputi pembebasan denda PKB dan bebas denda BBNKB kedua dan seterusnya, diskon 2 persen bagi wajib pajak yang membayar pajak tepat waktu, diskon 10 persen bagi wajib pajak yang menunggak 2 tahun.

Selanjutnya ada diskon 20 persen bagi wajib pajak yang menunggak 3 tahun, dan diskon 30 persen bagi penunggak pajak 4 tahun. Sedangkan untuk diskon 40 persen ditujukan bagi penunggak pajak 5 tahun.

Program kali ini juga membebaskan pajak progresif, bebas bea balik nama kedua dan seterusnya yang tidak termasuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Misalnya cetak STNK dan pergantian plat nomor kendaraan. Demikian juga adanya Pembebasan denda SWDKLLJ tahun lalu dan tahun-tahun lalu.

Tak sekadar pemutihan pajak, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Pendapatan Daerah Prov Kaltim turut menyediakan undian berhadiah yang totalnya mencapai Rp4 miliar. Merupakan bagian dari program Gebyar Pajak 2023.

“Hadiah berupa tabungan masing-masing Rp4 juta dipotong pajak 25 persen yang diundi akhir Juni 2023 ini,” terang Mulia Pardosi.

 

Sebagai informasi tambahan, petugas gabungan menahan 2 unit kendaraan karena pengendara tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) saat razia digelar.

Turut terjaring kendaraan luar daerah atau miliki pelat nomor kendaraan non KT diantaranya 3 unit sepeda motor dan 12 unit mobil.

Petugas mendata kendaraan yang terjaring ( Istimewa )

Kemudian kendaraan yang notis pajak ditahan agar bayar di Samsat Induk Barong Tongkok sebanyak 7 unit sepeda motor dan 5 unit mobil. Selanjutnya untuk wajib pajak yang langsung membayar di loket Samsat Pembantu Melak diantaranya 16 sepeda motor dan satu unit mobil.

“Razia dan sosialisasi sekaligus mengimbau masyarakat pemilik kendaraan di Kubar agar memanfaatkan program pemutihan pajak di tahun ini,” pungkas Mulia Pardosi

Petugas Sosialisasikan Pemutihan Pajak Tahun 2023 ( Istimewa )

Sementara itu, beberapa wajib pajak yang terjaring razia mengaku lupa jika pajak kendaraanya telah lewat masa berlakunya.

“Lupa Mas, karena kesibukan jadi kalau mau pakai kendaraan tinggal pakai, tidak pernah melihat masa berlaku pajaknya, yah terima kasih kami diingatkan, kami akan manfaatkan pemutihan pajak ini,” ungkap Amat.

Pada operasi kali ini didapati banyak kendaraan plat luar daerah atau non KT yang beroperasi di Kutai Barat tidak dilengkapi dengan kelengkapan surat menyurat. Bahkan ada salah pengemudi truk Cruid Palm Oil di salah satu perusahaan perkebunan mewajibkan Surat Izin Mengemudi dimiliki pengemudi ditahan dikantor, yang seharusnya selalu dibawa saat mengemudi.#Anthony Tobing

 

 

Komentar

comments