Satkamling Garda Terdepan Deteksi Dini Potensi Kejahatan

272 views

Optimalisasi Peran Awak Satkamling

Kapolres Kutai Barat, AKBP Heri Rusyaman ( Polres Kubar )

 

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR

Jajaran Polres Kutai Barat  menggelar Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan ( Kasatkamling) secara serentak untuk tingkatkan Harkamtibmas pada lingkungan masing-masing Kampung menuju kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77 di halaman Mapolres Kutai Barat, Rabu (21/6/2023) pagi.

Kapolres Kutai Barat, AKBP Heri Rusyaman yang memimpin langsung apel  menyampaikan Amanah Kapolri, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasatkamling ini.

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ungkap Heri Rusyaman dihadapan peserta apel.

Lebih lanjut Kapolres Kutai Barat mengatakan, situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita 2 luhur bangsa Indonesia.

Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Peserta Apel Kasatkamling di Mapolres Kubar ( Polres Kubar )

Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, Kehadirannya diharap kan mampu menjadi early warning atau peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena anggota Satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama

“Program ini juga bertujuan untuk merevitalisasi Satkamling dari kondisi pasif menuju aktif sehingga semua elemen masyarakat mampu berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban,”pungkas  Kapolres Kubar

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf C UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa bahwa pelatihan Satkamling ini merupakan momentum penting sebagai dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat untuk mencipatkan harkamtibmas menjelang pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

Usai Apel Besar Satkamling, dilaksanakan juga penilaian Satkamling dan sekaligus pemberian Piala. Dan Penilaian dilakukan oleh tim dari Sat Binmas Polres Kutai Barat.# Ekylovis

 

 

Komentar

comments