Hits: 1

Peraih Suara Terbanyak Bakal Jadi Unsur Pimpinan Dewan

2805_Kursi PKB Kubar

BARONG TONGKOK – Meski masih tiga tahun lagi, ajang Pemilihan Anggota Legislatif atau Pileg tahun 2019 telah menjadi pembahasan serius di internal Partai Kebangkitan Bangsa. Sejumlah wacana dilayangkan Dewan Pimpinan Cabang PKB Kabupaten Kutai Barat. Salah satunya, jaminan kepada para calon anggota legislatif yang terdaftar di tubuh PKB Kubar.

Ketua DPC PKB Kubar, Syachran Eric Lenyoq mengatakan, setiap caleg tidak akan sia-sia jika ikut bertarung dalam meraih suara untuk PKB di 2019 nanti. Selain kontribusi jerih payah seperdi di internal partai politik lain (jumlah suara dikalikan nominal yang diputuskan DPC, Red), ada aturan yang lebih memuaskan caleg. “Siapa saja yang terpilih duduk di DPRD Kubar, dan selisih suaranya di bawah 100 dari seorang caleg lainnya, maka akan dibuatkan perjanjian Pergantian Antar Waktu,” katanya dalam bincang-bincang di Pelabuhan Penumpang, Kelurahan Melak Ilir Kecamatan Melak, Sabtu 28/5/2016.

Sebelum dilantik jadi anggota DPRD Kubar, ungkap Eric, Caleg PKB Kubar akan dibuatkan perjanjian di hadapan seorang Notaris. Agar dibuatkan dasar hukum PAW mereka yang memiliki selisih suara kurang dari 100 itu. “Jadi selama lima tahun ke depannya, akan dibagi masing-masing 2,5 tahun,” ujar Eric yang pernah duduk sebagai Ketua Komisi C DPRD Kubar periode 2004-2009.

2805_Syachran Eric Lenyoq
Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kutai Barat, Syachran Eric Lenyoq, SE

Tidak hanya PAW, PKB Kubar juga memberikan jaminan keadilan bagi mereka yang bertarung meraih suara untuk partai politik pimpinan Muhaimin Iskandar ini. Jika terpilih sebagai Wakil Rakyat Kubar dari PKB, dan PKB mendapat jatah kursi unsur pimpinan Dewan (Ketua atau Wakil Ketua), maka siapa peraih suara terbanyak yang akan menduduki kursi itu. “Itu komitmen kami untuk menunjukkan keadilan di tubuh PKB,” jelas Eric.

PKB Kubar terus melakukan pembenahan di internal partai usai menggelar Musyawarah Cabang PKB Kubar, 26-27 April 2016 lalu. Setelah melantik 13 Pengurus Anak Cabang secara serentak, dijadwalkan pelantikan tiga PAC dalam waktu dekat. Yakni PAC Long Iram, PAC Siluq Ngurai dan PAC Bentian Besar. “Habis lebaran (Idul Fitri 1437 Hijriyah) nanti, akan kita lantik 12 Pengurus Ranting di PAC Muara Pahu,” imbuh Norjali, Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC PKB Kubar.    #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here