Menanamkan Jiwa Nasionalisme Kepada Generasi Muda

Panjat Pinang menjadi jenis lomba yang paling digemari masyarakat dalam kegiatan yang digelar di RT 03 Kelurahan Melak Ulu, Minggu 20/8/2017 pagi tadi. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

MELAK-KABARKUBAR.COM
Semangat masyarakat Kecamatan Melak dalam merayakan Hari Proklamasi belum surut. Minggu 20/8/2017 pagi tadi, kemeriahan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia masih tampak di sudut-sudut kampung. Khususnya di RT 03 Kelurahan Melak Ulu. Sejumlah perlombaan masih diadakan, untuk menyemarakkan suasana.


Ada 7 jenis lomba yang sekaligus diselesaikan hari ini juga. Yakni Balap Kelereng, Memasukkan Paku ke Dalam Botol, Lomba Joget, Panjat Pinang, Futsal Menggunakan Daster, Balap Karung dan Tenis Meja. Seluruh lomba digelar di Lapangan Sepakbola milik Pondok Pesantren Hidayahtullah, Jalan Haji Nurdi, Melak Ulu.

Menurut Ketua RT 03 Melak Ulu, Sentot, rangkaian acara ditampilkan dengan sederhana. Sebab bukan kemewahan yang dicari, tapi kemeriahan dan partisipasi warga, khususnya RT 03. Agar turut terlibat menyemarakkan acara. “Karena tujuan saya, agar warga sini tetap menjalin silahturahmi, dan lebih dekat mendekatkan dengan tetangga maupun warga lainnya,” katanya.

Dia menambahkan, seluruh kegiatan terselenggara atas pastisipasi warga setempat. Mulai dari mempersiapkan rangkaian dan perlengkapan dibutuhkan, hingga menjadi panitia lomba. “Saya bersyukur warga RT 03 mau dan bersedia terlibat langsung. Saya sendiri atas nama pribadi berterimakasih, baik yang menjadi panitia maupun yang ikut berpartisipasi sebagai peserta lomba,” ujar Sentot.

Keceriaan tampak pada raut muka warga RT 03 Melaj Ulu, mulai dari anak-anak hingga orangtua yang ikut keramaian dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Dukungan bagi panitia dan juga warga, datang dari Puncan Karna, Wakil Rakyat di DPRD Kutai Barat. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini hadir sejak awal hingga akhir acara. Atas semangat dan antusiasme warga setempat, Puncan melontarkan pujian. Terlebih kepada Sentot sebagai Ketua RT dan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Ramadan.

“Saya mengapresiasi siapa saja yang telah mengadakan kegiatan ini. Kita sama-sama mulai dari saat ini, mengajarkan apa dan bagaimana jiwa nasionalisme kepada generasi penerus kita. Karena kalau tidak dari sekarang, mungkin nanti anak-anak kita akan lupa atau bahkan tidak mengenal lagi yang namanya nasionalisme,” ungkap pria yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubar.

Puncan mengatakan, kegiatan itu juga dapat mengajarkan dan memberi gambaran kepada anak-anak penerus bangsa. Bahwa memang harus menanamkan jiwa nasionalisme dan peduli dengan Pancasila. “ Saya harap setelah terselenggaranya acara, adik-adik atau anak-anak ini dapat menanamkan jiwa Pancasila dan nasionalisme. Agar menjadi penerus bangsa yang berbudi,” sebutnya kepada KabarKubar.

Penulis: Andry Anhar
Editor: Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here