Sepanjang Hari Didatangi Warga, Makoramil Long Apari Jadi Andalan Berselancar di Dunia Maya

0
255

Aset Peninggalan Pamtas dan Dibayar Kemenkominfo

Bintara Koramil 0912-01 Long Apari, Sertu Pinces Pangaribuan, memberikan arahan kepada para pelajar agar menggunakan Internet dengan baik. REVANDI/KABARKUBAR.COM

LONG APARI – KABARKUBAR.COM
Berada di perbatasan negara, masyarakat Kecamatan Long Apari sudah terbiasa dengan peliknya hidup. Dari harga sembilan bahan pokok yang jauh mahal, hingga sulitnya berkomunikasi dengan dunia luar. Beruntung, Markas Komando Rayon Militer 0912-01 Long Apari memberikan kemudahan bagi siapa saja yang membutuhkan akses untuk berselancar di dunia maya.

“Kalau mau buka Facebook atau browsing, ke Koramil saja. Tidak perlu pakai password (kata kunci), langsung nyambung wifi-nya,” ungkap Kristianus Ding, warga Kampung Long Penaneh 3 yang biasa disapa Amun Ulan.

Hal yang sama disampaikan Kepala Kampung Noha Buan, Benediktus Baing. Banyak warganya yang memanfaatkan fasilitas dimiliki Koramil Long Apari tersebut. “Apalagi yang tidak punya paket data internet, pasti ke Koramil kalau mau buka WA (WhatsApp),” katanya.

Komandan Koramil 0912-01 Long Apari, Mayor Infanteri Agus Sutanto mengakui, alat komunikasi dimiliki adalah V-Sat dengan bandwidth 2 Mbps. “Kata teknisinya, tiap bulan dibayar Rp2,5 juta oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia),” ujarnya di ruang kerja, RT 4 Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu pada Selasa, 8 Februari 2022.

Mayor Agus Sutanto mengatakan, alat komunikasi tersebut dikontrak selama dua tahun ke depan. Dimulai sejak Oktober 2021. Tadinya diadakan untuk digunakan oleh Pasukan Pengamanan Perbatasan atau Pamtas di enam pos penjagaan.

Kemudian, beberapa pos tidak lagi ditempati prajurit. Sehingga beberapa alat komunikasi tidak digunakan dan dimanfaatkan kembali oleh Makoramil. Termasuk Koramil 0912-02 Long Pahangai, Koramil 0912-03 Long Bagun, Koramil 0912-04 Long Iram dan Koramil 0912-11 Bentian Besar.

“Maksimal digunakan oleh 50 handphone dan laptop secara bersamaan. Tapi bisa seratusan orang pakai, apalagi yang tinggal di dekat mako,” imbuh Mayor Agus Sutanto yang sebelumnya menjabat Danramil 0910-07 Mentarang di Pulau Sapi, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Mantan Perwira Seksi Operasi Komando Distrik Militer 0910/Malinau ini, sejak lama masyarakat sudah terbiasa mendatangi Makoramil Long Apari. Terlebih saat hendak berkomunikasi dengan saudara atau rekannya di luar daerah.

Misalnya saat ada kerabat yang sakit atau meninggal dunia, mereka menginformasikan melalui sambungan komunikasi milik Koramil. Berupa radio jarak jauh atau Racall (Radio Call). “Kalau titip barang atau uang lewat longboat atau perahu cepat (Speedboat), biasanya dikasih tahu ke penerima lewat Koramil,” kata Prajurit yang pernah bertugas sebagai Wakil Komandan Detasemen Markas Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti dan Pasi Ops Yonif 614/Raja Pandhita.

“Jadi hubungan emosional antara TNI dan masyarakat sudah terjalin sejak lama, sebelum ada hp (handphone),” tutup Pamen TNI AD yang pernah bertugas di Kompi Senapan A, B dan C Batalyon Infanteri 611/Awang Long.

Ditambahkan Bintara Koramil 0912-01 Long Apari, Sersan Satu Pinces Pangaribuan, akses internet tersebut dibagi dua jalur Hotspot. Yakni dengan nama Bakti Aksi yang dapat diakses siapa saja tanpa menggunakan password. Kedua diberi nama Koramil 0912-01 Tiong Ohang, yang menggunakan password.

“Tapi biar pakai password, siapa saja bisa masuk. Tinggal minta passwordnya ke komandan. Semua dibuka untuk masyarakat tanpa kecuali,” ujarnya.

Bintara Pembina Desa atau Babinsa untuk Kampung Tiong Ohang ini mengungkapkan, biasanya mulai pagi hari sudah banyak warga mendatangi Makoramil untuk ber-internet. Malam, mulai pukul 19.00 Wita, teras dan pelataran Makoramil mulai dipenuhi orang-orang untuk mengakses internet.

“Kadang saat hotspot milik sekolah atau puskesmas macet, anak-anak sekolah dan pegawai datang kesini juga. Bebas saja, karena ini milik pemerintah dibayar pemerintah untuk masyarakat. Kami, TNI merawat dan menggunakan fasilitas ini,” kata Bintara yang pernah bertugas di Seksi Logistik Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma ini. #Revandi

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here