Hits: 0

November 2018 Dilaksanakan TC Seluruh Cabor

Cabang Olahraga Beladiri Muaythai menjadi salah satu andalan Kabupaten Kutai Barat untuk meraup medali emas di Pekan Olahraga Provinsi Ke-VI Kaltim di Kabupaten Kutai Timur nanti. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sebanyak 480 orang akan masuk dalam Kontingen Kabupaten Kutai Barat ke Pekan Olahraga Provinsi Ke-VI Kalimantan Timur di Kabupaten Kutai Timur, Desember 2018 nanti. Untuk itu sejumlah persiapan telah dilakukan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Kubar. Selain mental dan jasmani para atlet, pelatih serta offcial, dukungan dana menjadi hal utama. Pemkab Kubar menyiapkan dana senilai Rp5 miliar.

“Dana terakumulasi, termasuk biaya TC (Training Center) dan keberangkatan ada Rp5 miliar. Termasuk yang di Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga Kubar) kurang lebih Rp1 Miliar yang juga untuk membeli alat tanding. Selebihnya adalah juga untuk biaya selama mengikuti Porprov nanti,” ungkap Ketua KONI Kubar, Untung Surapati, Senin 23/10/2018.



Untung yang periode sebelumnya menjabat Sekretaris KONI Kubar, menjelaskan dukungan pemerintah terhadap Porprov Kaltim itu sedang dalam proses. Untuk Pakaian Kontingen atau Training Pack dan alat tanding disiapkan oleh Dispora.

Soal keberangkatan, Pemusatan Latihan atau TC dan selama pelaksanaan kegiatan akan dibiayai melalui APBD Perubahan tahun 2018. “Bicara cukup atau tidak, KONI akan menyesuaikan. Melihat 28 cabang olahraga yang diikuti, akan dilakukan efesiensi agar cukup. Walaupun KONI daerah lain memiliki anggaran lebih besar,” jelasnya.

Ketua KONI Kubar, Untung Surapati dan Sekretaris KONI Kubar, Tobias Kainama, bertekad meraih hasil maksimal untuk Kubar dalam Porprov Kaltim 2018 mendatang. TOBY VAN KAI untuk KABARKUBAR.COM

Dikatakannya, saat ini sebagain besar cabor telah melakukan TC dari 28 cabor yang lolos dari hasil Kualifikasi atau Pra Porprov. Terdiri dari kategori beladiri, terukur, permainan dan beregu. “Memang harus ada proses seleksi di tingkat provinsi dengan kualifikasi untuk tentukan yang mendapatkan tiket ke Porprov. Dulu tidak ada Pra, dan ini sangat membantu untuk menyeleksi persiapan cabor serta atlet,” kata Untung Surapati.

Bicara kesiapan atlet yang akan ikut bertarung, terus dimantapkan. Menurut Sekretaris KONI Kubar, Tobias Kainama, KONI Kubar tidak memberikan target tinggi pada setiap cabor. Namun berdasarkan pengalaman sebelumnya, cabor Dayung dan Muaythai diyakini akan menyajikan prestasi lebih membanggakan.



“Dayung pernah meraih 11 emas dari 22 nomor yang dipertandingkan pada Porprov Kaltim tahun 2014 di Kota Samarinda. Cabor Muaythai bahkan meraih 11 emas, 4 perak dan 5 perunggu pada Kualifikasi atau Pra Prorprov Muaythai di GOR Anggar, Polder Air Hitam Samarinda, Desember 2017 lalu,” jelasnya.

Soal pemantapan, Tobias mengaku saat ini setiap atlet dan cabor melakukan Training Center atau TC secara mandiri. Dengan berlatih masing-masing di lokasi atau pola yang disepakati internal cabor. “Nah masuk November 2018, TC akan diadakan oleh KONI Kubar,” imbuhnya. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here