Portal Jalan Saat Hujan dan Ingin Listrik PLN Menyala Siang dan Malam

Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan menanggapi aspirasi dari para Tokoh Masyarakat Kecamatan Muara Pahu dalam Silaturahmi di halaman Markas Polsek Muara Pahu, Rabu 31/10/2018 siang. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

MUARA PAHU – KABARKUBAR.COM
Para tokoh masyarakat Kecamatan Muara Pahu mencurahkan isi hati mereka kepada Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan. Saat Kunjungan Kerja sekaligus Silaturahmi, Rabu 31/10/2018 kemarin siang, Kapolres malah menjadi tempat mengadu. Bukan soal tindak kejahatan, atau persoalan lalu lintas yang jadi kewenangan Polisi. Tapi masalah jalan dan listrik yang dirasa belum memuaskan warga.



Kepala Kampung atau Petinggi Tepian Ulaq, Syahirin, mengutarakan soal akses darat utama dari Muara-Pahu menuju kampungnya. Yang saat ini masih berupa tanah, sangat licin dan becek di musim hujan. “Anak-anak sekolah sering terlambat kalau musim hujan,” katanya dalam pertemuan di halaman Markas Kepolisian Sektor Muara Pahu, Jalan Radeh Baroh Kampung Muara Baroh.

Petinggi Tanjung Laong, Dedi Setiawan, mengakui menutup jalan poros dengan portal saat musim hujan, agar tidak rusak karena dilalui kendaraan besar milik perusahaan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pada pertemuan yang dihadiri 65 tokoh masyarakat setempat itu, Syahirin juga mengeluh usulan warganya dalam Musyarawah Perencanaan Pembangunan banyak tidak terealisasi. Seandainya Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Pusat bisa untuk membangun jalan di luar kampung, ia dan masyarakat ingin membangun jalan dimaksud. “Kami sudah bosan mengusulkan di Musrenbang. Saya harap di tahun 2019 bisa tercapai, karena masyarakat sudah bosan dibohongi,” tegasnya.

Petinggi Tanjung Laong, Dedi Setiawan, juga mengeluh hal yang sama. Meski bersyukur karena jalan yang dulu susah dilewati dan butuh waktu dua jam, sekarang sudah baik dengan 15 menit sudah sampai. “Kami sepakati kalau hujan, jalan kami portal,” ujarnya terkait jalan poros yang juga masih berupa tanah.

Dalam silaturahmi yang dihadiri Camat Muara Pahu, H Suhamdi itu, ia juga mengungkapkan kerap menjadi tempat kekesalan masyarakat. Ia berharap di tahun 2019 akan ada peningkatan kualitas jalan tersebut, karena dinilai menjadi kebutuhan dasar mereka. “Banyak kendala, tapi kami tetap maju. Pejabat Publik itu berjuang untuk orang banyak, dan tidak peduli hujatan dari masyarakat. Tolong Pak Kapolres ikut mengawal, agar jalan kami segera dibangun,” harap Dedi Setiawan.

Ketua Lembaga Adat Benua Tuha Bumi Raden Baroh, Awang Burhanudin, mengeluhkan kondisi seluruh wilayah Kecamatan Muara Pahu yang malam hari belum dialiri listrik dari PLN. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Ada janji kapolsek dan camat secepatnya mewujudkan listrik menyala siang dan malam. Kami juga sudah menebang pohon buah, agar tidak mengganggu tiang listrik nantinya. Kami masih rindu kapolsek ini (Kapolsek Muara Pahu, AKP Pormeli Hasugian), jangan dipindah dulu,” ungkap Ketua Lembaga Adat Benua Tuha Bumi Raden Baroh, Awang Burhanudin, atas kondisi seluruh wilayah Muara Pahu yang malam hari belum dialiri listrik dari PLN.

Menanggapinya, AKBP Putu Setiawan memahami situasi yang dirasakan oleh warga. Ia berjanji akan meneruskan aspirasi masyarakat itu kepada Bupati Kubar, FX Yapan. Agar lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah pedesaan daripada kawasan perkotaan. “Akan saya sampaikan, agar jadi arah kebijakan pembangunan Kubar nantinya,” ujarnya.

Ia menyarankan,  agar ADD dapat merespon aspirasi masyarakat. Karena setiap tahun dikucurkan melalui APBN oleh Pemerintah Pusat. Dan bisa dialokasikan untuk membangun jalan yang dimaksud. Untuk itu, Kapolsek Muara Pahu akan ikut mengawal, agar sepenuhnya dana desa digunakan dengan baik.

“Jalan kedua, bisa menggunakan CSR (Corporate Social Responsibility). Kami dari kabupaten akan mendukung, agar jangan jalannya diportal. Polisi dan TNI bisa turun membantu masyarakat membangun. Tinggal buka kaos, dan ikut bergotong-royong,” kata Kapolres.

Pertemuan Kapolres di Mapolsek Muara Pahu, dihadiri 65 tokoh masyarakat Kecamatan Muara Pahu.  SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kapolres mengajak para tokoh bersama-sama Polisi menyerukan warga untuk terus menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif. Tetap menjalin silaturahmi dan toleransi antar umat beragama. Sebagai orang yang dituakan, para tokoh diminta bisa mengajak masyarakat untuk terus menjaga keamanan dan kedamaian yang sudah tercipta. Sehingga Pemilu 2019 di Kubar akan berjalan lancar, aman, damai dan sejuk. “Jangan mudah percaya dengan berita bohong atau hoax yang berbentuk provokatif dengan mengatasnamakan agama ataupun suku.



Dalam pertemuan tersebut, Komandan Koramil 0912-05 Muara Pahu Kapten Infanteri Sudarsono hadir mendampingi Kapolres. Tampak hadir Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polres Kubar, AKP I Gde Dharma Suyasa, Sekretaris Camat Muara Pahu H Asrin Suryanto, Ketua Panwascam Muara Pahu Dolly Etawanto, Ketua PPK Muara Pahu Supiansyah, dan Ketua KUA Muara Pahu Hamli. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here