Hits: 0

Danrem Ajak Semua Pihak Bantu Program KB dan Kesehatan

3005_Pencanangan KB-Kesehatan di Kodim 0912 Kubar (1)
DUA ANAK: Kasi Teriterorial Korem 091/ASN Kolonel Edi Kasmadi, Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Kaltim Achmad Taqdir, Sekretaris Kabupaten Kubar Aminuddin, Kepala BPPKB Kubar Kristiana serta Dandim 0912/Kubar Letkol Hendriawan Senjaya, meminta komitmen untuk melaksanakan program KB dan hidup sehat dalam keluar.    DEESELHA/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Komandan Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma, Kolonel Infanteri Makmur Umar, berharap semua orang memberi perhatian serius terhadap kesehatan keluarga. Dan membantu pemerintah dalam program yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan dan budaya hidup sehat.

Diakui Kolonel Makmur Umar, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan dan perawatan kesehatan yang layak dan memadai semakin meningkat. Untuk itu, dia meminta segenap komponen masyarakat memanfaatkan kegiatan kesehatan bersama TNI untuk memotifasi dan mendorong masyarakat melaksanakan program Keluarga Berencana. “Guna menciptakan keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera,” katanya melalui Kasi Teritorial Korem 091/ASN, Kolonel Infanteri Edi Kasmadi. Hal itu dikatakannya saat Pencanangan Program Manunggal KB dan Kesehatan, Provinsi Kaltim di Wilayah Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat, Senin 30/5/2016 pagi.

Program yang dicanangkan tersebut, imbuh Danrem, merupakan tindaklanjut kegiatan serupa di tingkat Nasional. Dan telah dilaksanakan di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, 3 Mei 2016 lalu. Tujuannya, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Terutama aspek kehidupan serta peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesehatan masyarakat. Khususnya keluarga prasejahtera maupun sejahtera satu. “Kita sadari masih ditemukan kendala, terutama sulitnya menjangkau masyakarat yang bermukim di daerah pedalaman dan terpencil. Kita harap dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga hasilnya benar-benar dapat menyentuh kebutuhan rakyat kecil di daerah,” ujar Kolonel Edi Kasmadi di halaman Markas Kodim 0912/Kubar, Jalan Gajahmada Barong Tongkok.

3005_Pencanangan KB-Kesehatan di Kodim 0912 Kubar (2)
KERJA SAMA: Achmad Taqdir mewakili Kepala BKKBN Kaltim Yenrizal Makmur, menyerahkan plakat BKKBN kepada Komandan Kodim 0912/Kubar Letkol Infanteri Hendriawan Senjaya, sebagai tanda terima kasih atas dukungan TNI selama ini terhadap program KB.    DEESELHA/KabarKubar.com

Danrem menambahkan, keberhasilan program ini akan memberi pengaruh positif terhadap pembangunan nasional. Kordinasi, kerja sama dan keterlibatan semua pihak sangat diharapkan. “Jadikan momen ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya keluarga dalam ber-KB. Bersama Rakyat, TNI Kuat dan Bersama TNI, Rakyat Sehat,” tegasnya.

Komandan Kodim 0912/Kubar, Letkol Infanteri Hendriawan Senjaya, melaporkan kegiatan yang didasari Surat Perintah Danrem 091/ASN bernomor: Sprint/384/III/2016 tanggal 30 Maret 2016 itu. Ia menyebut sejumlah sasaran dari program KB-Kesehatan itu, termasuk bertambahnya jumlah Peserta KB. Juga pemberian sejumlah alat kesehatan, seperti Intrauterine Device (IUD) sebanyak 54 unit, Metode Operasi Wanita 144, Implan 116, Suntikan 1.024, Pil 463 pak dan Kondom 48 pak.

Sasaran berikutnya adalah Bina Keluarga Balita sebanyak 23 kelompok, Bina Keluarga Remaja 6 dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera 16 kelompok. Kemudian Penyuluhan KB dengan memasang papan pengumuman atau Billboard sebanyak 54 buah dan penyuluhan ke sekolah-sekolah 8 kali. Sedangkan untuk cakupan Ibu Hamil mencapai 2.206 orang, Ibu Bersalin 3.060 dan Bayi 2.916. “Kegiatan ini berjalan selama 80 hari, sejak 30 Mei hingga 31 Oktober 2016,” kata Hendriawan Senjaya dalam laporan panita.

Untuk personel yang dilibatkan dalam program KB-Kesehatan itu, dari Kodim 23, Pemkab Kubar 5, Dinas Kesehatan 5, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB 20, Petugas KB Kecamatan 12, RSU Harapan Insan Sendawar 5, Ikatan Bidan Indonesia 10, Palang Merah Indonesia Cabang Kubar 5, PT Trubaindo Coal Mining 2, PT Bharinto Ekatama 2, PT Pamapersada Nusantara 2 dan Persit Kartika Chandra Kirana 3. “Kegiatan ini diawali dengan bakti sosial donor darah, pengobatan gratis (Charity Clinic) dan pameran hasil UPKS,” jelasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim, Yenrizal Makmur, menyebut TNI sebagai mitra kerja potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program KB. Sehingga dapat menekan angka kelahiran dari 5,6 pada awal tahun 1970-an menjadi 2,6 pada awal 2000an. Serta mencegah kelahiran tidak diinginkan sebanyak 80-100 juta jiwa.

Bakti Sosial TNI KB-Kesehatan telah membantu BKKBN mengatasi beragam persoalan. Antara lain terbatasnya kuantitas dan kualitas tenaga lini lapangan, infrastruktur program KKBPK, terutama di wilayah tertinggal, terpencil dan perbatasan. TNI melalui Bintara Pembina Desa, juga menjadi tenaga penggerak atau motivator di lapangan. “TNI Jadi ujung tombak. Mohon dukungan jajaran TNI melalui Dandim dan Babinsa untuk membantu melakukan penyuluhan dan penggerakan program Kependudukan dan KB Pembangunan Keluarga selama ini,” terangnya melalui Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Kaltim, Achmad Taqdir.

Sementara Bupati Kubar FX Yapan melalui Sekretaris Kabupaten, Aminuddin, mengakui TNI sebagai mitra terbaik dalam pencapaian program KB. Karena telah turut memberi kesadaran pentingnya KB dalam kesehatan keluarga, ibu dan anak dan menekan laju peningkatan penduduk. “Ketahanan nasional yang tangguh tidak akan tercipta dengan kesehatan yang tidak prima,” ujarnya di hadapan masyarakat, perwakilan SKPD Pemkab Kubar, tenaga medis, para perwira anggota TNI di jajaran Kodim 0912/Kubar.    #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here