Hits: 0

Tapal Batas 3 Kampung 2 Kecamatan

Camat Mook Manaar Bulatn Rusmansyah, Staf Bagian Pemerintahan Frengky Yordan dan Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan Setkab Kutai Barat Silas Sinar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABAR.KUBAR.COM
Rapat pembahasan tapal batas tiga kampung di wilayah dua kecamatan belum menemui titik terang. Oleh karena itu, pemerintahan setempat menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Sehingga masalah batas kampung dapat diselesaikan di kemudian hari.

Hal itu terungkap dalam Rapat Expose Hasil Pelacakan Antara Kampung Abit Kecamatan Mook Manaar Bulatn dengan Kampung Sebelang dan Kampung Tanjung Pagar Kecamatan Muara Pahu di Ruang Rapat Koordinasi Kantor Bupati Kubar, Selasa 10/10/2017.

Aparatur pemerintahan 3 kampung menyepakati persoalan tersebut diserahkan untuk diurus Pemkab Kubar. Dan mereka akan menyerahkan semua data tapal batas masing-masing kampung kepada Pemkab Kubar untuk dipelajari lebih lanjut.

Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Kubar, Silas Sinar, meminta ketiga pihak tidak memunculkan persoalan keamanan akibat sengketa tapal batas. Apalagi sampai mengganggu keamanan dengan perkelahian atau ancam-mengancam. “Tolong dijaga masalah keamanan. Pertama, keamanan pribadi dan kedua, keamanan keluarga. Kampung dan kecamatan harus turut membantu tugas kepolisian,” ucapnya.

Rapat Expose Hasil Pelacakan Antara Kampung Abit Kecamatan Mook Manaar Bulatn dengan Kampung Sebelang dan Kampung Tanjung Pagar Kecamatan Muara Pahu di Ruang Rapat Koordinasi Kantor Bupati Kubar, Selasa 10/10/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Saya salut, walaupun ada sengketa tapal batas, tetap ada musyawarah. Ini salah satu bahan kajian untuk penyelesaian yang terbaik. Kesiapan tim 3 kampung, kedua belah pihak kecamatan akan menerima kesepakatan dalam musyawarah,” ujar Camat Melak, HM Japar.

Disepakati juga, akan diadakan rapat berikutnya oleh Pemkab Kubar dengan waktu belum ditentukan. Jika nanti Pemkab Kubar membuat keputusan soal tapal batas 3 kampung itu, semua pihak diminta menerima hasil tersebut, sehingga tidak ada permasalahan lagi.

Rapat dihadiri juga Camat Mook Manaar Bulatn Rusmansyah, Sekretaris Camat Muara Pahu Asrin Surianto dan Staf Bagian Pemerintahan Frengky Yordan. Tampak juga  Kasi Pemerintahan Mook Manaar Bulatn Rosalina Berty, Kepala Adat Mook Manaar Bulatn Ardiansyah, Kasi Pemerintahan Muara Pahu Siswaya, Kepala Adat Muara Pahu Awang Baharudin, Pelda S. Efendi dari Koramil 0912-12/Melak dan Brigpol Patrianus Nova  dari Polsek Melak.  #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here