Hits: 28

Srikandi Kubar Bersihkan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Ketua TP PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu, bercengkerama dengan keluarga Ambo Dae, usai memberikan bantuan sembako pada Selasa, 3 Agustus 2021 pagi. DEDHY A/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Kehidupan keluarga Ambo Dae di RT 8 Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, sangat memprihatinkan. Lima jiwa yang terdiri dari suami, istri dengan dua remaja putri dan seorang mertua, tinggal di sebuah rumah tanpa air bersih dan serba kekurangan.

Ambo Dae yang berusia 58 tahun serta istrinya, Miwir (45), bersama dua putrinya, Rosa (11) dan Santi (8). Mereka menempati sebuah rumah di Jalan Awang Long Senopati, RT 8 Kelurahan Barong Tongkok. Ditambah mertua Ambo Dae yang sudah sangat tua.

Ambo Dae tidak lagi bisa bekerja lantaran penyakit stroke yang dialaminya kurang lebih tiga tahun terakhir ini. Sementara istrinya, mengalami depresi dan sudah sulit diajak berkomunikasi. Mirisnya lagi, kedua putrinya tidak pernah merasakan bangku sekolah. Keterbatasan biaya menjadi alasan tidak bisa menempuh pendidikan.

Komunitas Srikandi Kabupaten Kutai Barat membersihkan rumah Ambo Dae yang tampak kotor. DEDHY A/KABARKUBAR.CON

Sempat viral di media sosial, keluarga Ambo Dae dikunjungi Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat. Yayuk Seri Rahayu. Didampingi Itaq Puspadewi selaku Sekretaris II TP PKK Kubar, dan Yonavia Sahadi.

Tidak tangan kosong, mereka membawa bantuan sembako berupa beras, telur, minyak goreng, mi instan serta uang tunai. TP PKK Kubar akan upayakan tindak lanjut kerja sama dengan aparat kampung, kecamatan dan instansi terkait.

“Untuk membantu keluarga Bapak Ambo Dae, agar bisa mendapatkan rumah layak huni. Juga agar anak-anaknya bisa sekolah, dan kita upayakan kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka,” kata Yayuk Seri Rahayu saat berkunjung pada Selasa, 3 Agustus 2021 pagi.

Sore harinya, Yonavia Sahadi yang juga menjabat Ketua Srikandi Kabupaten Kutai Barat, kembali mengunjungi keluarga Ambo Dae. Disertai sejumlah anggota Srikandi Kubar, bergotong royong membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal Ambo Dae.

“Kami berharap bisa mengupayakan sarana air bersih untuk keluarga ini,” ucap Yonavia Sahadi.

Komunitas YNCI Chapter Kubar, Mahasiswa KKN Unmul dan Universutas Widyagama, serta Srikandi Kubar, usai bergotong royong untuk keluarga Ambo Dae. DEDHY A/KABARKUBAR.CON

Hadir di kesempatan itu, Ketua RT 8 Kelurahan Barong Tongkok, Suwanto, berharap penuh kepada pemerintah daerah. Agar bisa membantu memfasilitasi, baik untuk merehabilitasi rumah tersebut.

“Kalau bisa juga membantu memfasilitasi beasiswa untuk kedua putri bapak Ambo Dae yang selama ini tidak pernah merasakan bangku sekolah,” ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih dihadiri YNCI Chapter Kubar. Diikuti juga Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Mulawarman Angkatan 47 dan Mahasiswa KKN Widyagama Angkatan 5 yang sedang melakukan tugas KKN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat,.

Ada juga hadir Putra Putri Duta Wisata Kubar tahun 2020. Yaitu Rian, Cindy, dan Yosua, yang bergabung untuk membantu kegiatan gotong royong tersebut. #Dedhy A

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here