Hits: 0

Jalankan Instruksi Gubernur Kaltim Soal Penerapan Kaltim Steril

Pasar tradisional juga menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Satgas Covid-19 Kabupaten Kutai Barat. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Hingga Sabtu, 13 Februari 2021, ada 1.921 kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat. Sebanyak 37 orang di antaranya meninggal dunia, serta 421 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri. Jajaran Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat pun terus ikut berupaya mencegah penyebaran wabah mendunia ini.

Bersama jajaran Kepolisian Resor Kutai Barat pada Minggu, 14 Februari 2021, melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain dengan kembali melakukan penyemprotan disinfektan dan sterilisasi. Sasarannya, beberapa pasar tradisional dan fasilitas umum di wilayah ibukota Kubar.

Menurut Kepala Staf Kodim 0912/KBR, Mayor Czi Vispayudha Agusta, kegiatan ini dilakukan secara terpadu bersama Polres Kubar dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Guna menggiatkan patroli peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kepala Staf Kodim 0912/KBR, Mayor Czi Vispayudha Agusta, Waka Polres Kubar Kompol I Nyoman Wijana dan  Kasi Ops Satpol PP Kubar Nasriwal Moenas, turun bersama menegakkan penerapan protokol kesehatan. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

“Ini juga adalah penerapan kebijakan Kaltim steril melalui Instruksi Gubernur Kaltim yang dimulai pada Sabtu, 6 Februari 2021,” ungkapnya saat memantau penerapan prokes di Pasar Maleo Baru, Barong Tongkok.

Dijelaskan Mayor Vispayudha, total disinfektan yang disemprotkan sebanyak 15 tangki sprayer. Kegiatan dilakukan dengan menurunkan satu unit water canon, satu unit tangki Pemadam Kebakaran, dan satu unit truk Pengendalian Massa milik Satuan Polisi Pamong Praja.



Sejumlah pihak turut dalam kegiatan. Selain personel Kodim 0912/KBR dan Polres Kubar, ada dari Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dalam setiap kegiatan yang rutin dilaksanakan itu, mendapat sambutan antusias dan terima kasih dari masyarakat. Sebab sangat berdampak bagi masyarakat untuk mematuhi prokes.

“Tetap patuhi protokol kesehatan, gunakan masker dan terapkan 5M yang dicanangkan Pemprov dan Pemerintah Pusat. Mari kita laksanakan bersama-sama. Tanpa kerja sama dari masyarakat, tentunya tidak akan berpengaruh penurunan terkonfirmasi positif,” imbau Kasdim.

“Bersama TNI, kami terus berupaya mengimbau dan menegakkan prokes oleh masyarakat. Ayo kita terapkan prokes demi kebaikan kita bersama,” imbuh Wakil Kepala Polres Kubar, Komisaris Polisi I Nyoman Wijana.

Rumah makan juga menjadi sasaran untuk penegakan protokol kesehatan oleh Satgas Covid-19 Kubar yang dipimpin Kasdim 0912/KBR Mayor Czi Vispayudha Agusta. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Kepala Seksi Operasional Satpol PP Kubar, Nasriwal Moenas mengatakan, Posko Covid-19 di perbatasan di Kecamatan Bongan tetap dipertahankan. Hal itu sesuai Instruksi Bupati Kutai Barat. Sedangkan Posko Covid-19 di Kecamatan Penyinggahan, akan segera diaktifkan kembali. Seraya menunggu arahan dari Satuan Tugas Pengedalian Covid-19 Kabupaten Kubar.

Petugas di posko akan memeriksa setiap pelaku perjalanan yang melintas di perbatasan. Pelaku perjalanan, diwajibkan menunjukkan surat hasil Rapid Test Anti Gen atau Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan disesuaikan dengan KTP.

“Jika ditemukan pelaku perjalanan, warga kubar yang reaktif, akan kita rujuk ke PKM kecamatan setempat. Yang bukan warga Kubar, kita minta untuk kembali,” jelasnya. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here