Hits: 0

Wujud Nyata Apresiasi Pemerintah Bagi Para Tokoh dan Pemuka Agama

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, didampingi Asisten III Setkab Kubar, Aminuddin, bersama 40 orang perwakilan dari beragam denominasi gereja dan tokoh masyarakat yang akan berangkat ke Yerusalem. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Terhitung 550 orang telah berangkat ke Yerusalem, Israel untuk melakukan ziarah rohani. Sejak tahun 2005, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat rutin memberangkatkan kelompok peziarah menuju Tanah Suci. Program tahunan itu sebagai komitmen untuk pembinaan mental dan spiritual. Tahun 2018 ini, 40 peserta ziarah akan berangkat dengan pendampingan PT Elkana Gesaliq sebagai perusahaan perjalanan atau travel.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Dan Sosial Sekretariat Kabupaten Kubar, Ruslan Hamzah, hari ini dilakukan pelepasan 40 Peziarah. Mereka akan melakukan perjalanan 3-14 Agustus 2018. “Jumlah peserta memang berpariasi dari tahun 2005 hingga 2018. Tergantung dari anggaran yang tersedia,” ujarnya, saat Pelepasan Rombongan Ziarah Ke Yerusalem Biaya Pemkab Kubar, Rabu 1/8/2018 di Auditorium Aji Tulur Jejangkat.



Ruslan menjelaskan, mereka yang berangkat kali ini terdiri dari 32 laki laki dan 8 perempuan. Dengan kelompok umur 40 tahun sebanyak 8 orang, 41-50 tahun 19 orang, 51-60 tahun 8 orang, dan usia 61-70 tahun sebanyak 5 orang. Berangkat dari Kubar dari Jumat sore dan pulang dari Israel diperkirakan sekitar tanggal 15 Agustus sudah berada di Kubar. “Jadi perjalanan ziarah tersebut sekitar 12 hari,” katanya.

Para peziarah mendapat salam selamat jalan dari jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat di Auditorium Aji Tulur Jejangkat, Rabu 1/8/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ia menambahkan, kelompok peziarah terdapat seorang perwakilan dari masing-masing kecamatan. Ditambah utusan dari Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Kampung dan Denominasi Gereja. Dari Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, Gereja Sidang Jemaat Allah, Gereja Pantekosta Serikat Indonesia, Huria Kristen Batak Protestan, Gereja Bethel Injil Sepenuh, Gereja Kasih Karunia Indonesia dan Gereja Toraja, juga mendapat jatah satu orang.

Dari Gereja Gerakan Pantekosta dan Gereja Kalimantan Evangelis mengirim masing-masing 2 wakil. Sedangkan dari Gereja Bethany Indonesia dan Gereja Kemenangan Iman Indonesia ada 3 orang. Kemudian 4 orang dari Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia, Katolik dan Gereja Pantekosta di Indonesia. “Sisanya atau 13 orang dari umum,” pungkas Ruslan Hamzah pada acara yang dihadiri Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur, dan Asisten III Aminuddin.



Bupati Kubar FX Yapan melalui Sekda berharap, seluruh peserta ziarah dapat membawa penyegaran, pencerahan dan penyerapan iman. Dan pada akhirnya menjadi pribadi yang berkualitas, serta dapat membantu membangun Kubar sesuai kapasitas dimiliki. “Ziarah ini disebut sebagai wujud nyata apresiasi Pemerintah kepada para tokoh, khususnya pemuka agama,” ucap Yacob Tullur.

Yacob Tullur berharap peziarah dapat menunjukkan bakti serta bukti. Agar dapat memotivasi masyarakat di lingkungannya dalam kualitas iman yang bertumbuh dan saling mengasihi. “Kita berharap mampu menjadi lebih baik dan memberikan warna yang indah, baik di gereja maupun di lingkungan masyarakat,” pungkasnya dalam momen yang dihadiri juga Ketua KNPI Kubar FX Sumardi, para kepala OPD dan perwakilan Kodim 0912/KBR serta Polres Kubar. #Lilis Sari/Advertorial




Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here