Ekti Imanuel: Kubar dan Mahulu harus maksimal anggaran masuk

Sejumlah politisi dari DPRD Kubar juga hadir dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat pada Senin, 16 Maret 2020. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melaksanakan pertemuan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Bertempat di ruang Aji Tulur Jejangkat, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar, para pimpinan organisasi perangkat daerah diminta masukan. Dua anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur hadir dan memberi saran dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) itu.
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur mengatakan, penyempurnaan desain awal RKPD menjadi rancangan awal Rencana Kerja seluruh organisasi perangkat daerah di Kubar. Yang telah disetujui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D).



Mengambil tema ‘Optimalisasi Daya Ungkit Subsektor Unggulan Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat Lokal’, OPD diharap memerhatikan kenaikan angka di setiap sektor. Sehingga menjadi acuan bagi semua, khususnya setiap pimpinan OPD.
“Hendaknya dalam menyusun program atau kegiatan agar memerhatikan keluaran, hasil, dan dampak. Guna mencapai target, indikator, tujuan dan sasaran dalam mencapai serta mendukung visi dan misi kepala daerah,” terang Yacob Tullur.
Ia mengingatkan peserta Musrenbang agar dapat memberikan masukan dan saran yang terbaik dalam persiapan RKPD Kubar tahun 2021. “Semua masukan dan saran yang disampaikan tentu saja akan menjadi sumbangsih dalam pembangunan daerah ke depannya,” ujarnya dalam acara pada Senin, 16 Maret 2020 yang dihadiri Ketua DPRD Kubar, Ridwai.
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, memimpin Musrenbang RKPD Kubar tahun 2021 di ruang Aji Tulur Jejangkat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Duduk di Komisi 3 DPRD Kaltim, Ekti Imanuel, berharap ada perhatian lebih dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda Provinsi Kaltim. Khususnya kepada Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu yang masih harus terus mendapat sentuhan pembangunan. Terlebih sejumlah infrastruktur pendukung bagi mobilisasi atau pergerakan masyarakat dua kabupaten di hulu Sungai Mahakam ini.
Sebagai Wakil Rakyat Benua Etam yang diberi kepercayaan oleh masyarakat Kubar dan Mahulu, Ekti mengaku telah menyampaikan aspirasi arus bawah di Gedung DPRD Kaltim. Lobi-lobi politik kepada pihak Pemerintah Provinsi Kaltim juga dilakukan. Namun ia berharap, Bappeda Kaltim bisa adil melihat kebutuhan anggaran daerah yang masih minim infrastruktur.
“Harapan saya, Bappeda Kaltim harus membangun merata di setiap kabupaten dan kota. Kubar dan Mahulu harus maksimal dalam anggaran yang masuk,” kata Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya ini kepada KabarKubar.
Pada Musrenbang RKPD Kubar 2021 yang akan berlangsung hingga besok, Kepala BP3D Kubar Achmad Sopyan mengatakan, persiapan RKPD telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Dengan menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kebijakan demi kepentingan dan tujuan pembangunan pada tahun yang diinginkan.



Tujuan Musrenbang RKPD sendiri adalah untuk menyaring aspirasi pembangunan demi kepentingan masyarakat. Selain untuk menyusun, akan membahas masalah strategis terkai peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. “Juga peningkatan ekonomi dan Infrastruktur daerah,” jelas Achmad Sofyan yang pernah menjabat Kepala Dinas Pertanian Kubar.
Selain para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kubar, Musrenbang RKPD 2021 ini dihadiri juga sejumlah Anggota DPRD Kubar. Antara lain, Agus Sopian dan H Suharna dari Partai Nasdem, Yono Rustanto Gamas dari Partai Hati Nurani Rakyat, Mahyudin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Yansel dari Partai Demokrat. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here