Hits: 0

Total 12 Pasien Positif dari 4 Kecamatan

Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, mengumumkan seorang pasien telah dinyatakan positif terpapar virus corona berdasarkan Swab Test dari Balai Besar Laboratorium Kesehata di Surabaya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengumumkan perkembangan terbaru. Hari ini seorang pasien terkonfirmasi positif dari hasil Swab Test dilakukan Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Surabaya. Pasien terpapar Covid-19 ini itu kini telah diisolasi di Asrama Paskibra Kubar.

“Ada tambahan satu orang yang positif terpapar Covid-19 dari Kecamatan Bongan. Inisial AS berusia 47 tahun, berjenis kelamin laki-laki,” kata Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur dalam Siaran Pers di Media Center Covid-19 Pemkab Kubar pada Minggu, 26 April 2020 sekira pukul 20.30 Wita.



Dijelaskannya, dengan tambahan satu pasien itu, saat ini ada 12 warga Kubar yang positif tertular virus corona. Mereka berasal dari empat kecamatan. Rinciannya, Melak sebanyak 6 pasien, Bongan 4 pasien, serta Sekolaq Darat dan Damai dengan masing-masing 1 pasien.

“Dari 12 yang positif ini, 11 diantaranya adalah pelaku perjalanan dari Gowa (Ijtima Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan). Satunya lagi adalah transmisi lokal, karena dia tidak memiliki riwayat perjalanan kemana-mana,” ujar Yacob Tullur.

Perkembangan terbaru penyebaran wabah corona disampaikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kepada sejumlah awak media di Media Center Covid-19 Pemkab Kubar pada Minggu, 26 April 2020 sekira pukul 20.30 Wita. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Pasien ini juga pelaku perjalanan dari Gowa, Sulsel,” tegasnya saat rilis yang didampingi Kabag Sumda Polres Kubar Kompol Iswahyudi, Pasi Ops Kodim 0912/Kubar Kapten Infanteri Hariyadi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kubar dr Rita Sinaga.

Menyinggung pertanyaan masyarakat terkait asal-usul pasien yang dinyatakan PDP atau telah positif terpapar Covid-19, Yacob Tullur mewanti semua orang tetap waspada. Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan menerapkan pola hidup sehat. Sesuai protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

“Jangan masyarakat pikir daerah Melak saja, ternyata telah menyebar kemana-mana. Virus ini berbahaya, jangan anggap sepele imbauan pemerintah. Tidak ada niat tidak baik, semua niat pemerintah baik dan bertujuan agar Kubar bisa bebas covid 19,” jelasnya.



Diakuinya, pemerintah maupun secara pribadi, memahami jika tidak semua warga Kubar memiliki gaji layaknya PNS atau Aparatur Sipil Negara. Sehingga dimaklumi jika tidak semua orang bisa mengikuti instruksi untuk tetap berdiam di rumah. Namun diminta harus berjaga-jaga. “Silahkan berkebun tapi jangan lupa pakai masker. Semoga yang positif bisa sembuh,” katanya.

Dari data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, pasien positif corona di Kaltim sebanyak 105 orang pada hari ini. Kubar menempati posisi ke empat dengan 12 pasien positif, sama dengan di Kabupaten Kutai Timur. Terbanyak adalah di Kota Balikpapan dengan 27 orang, diikuti Kota Samarinda sebanyak 15 orang dan Kabupaten Penajam Pasir Utara ada 14 orang. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here