Tahun 2017 Fokus di Melak, Tahun 2018 Menyasar 15 Kecamatan Lain

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Kutai Barat, AKP Jamhari, menyampaikan materi seputar aspek hukum bagi terdakwa dan penguna narkotika, dalam Pembekalan Satuan Tugas Narkoba Sekolah di SMAN 1 Sendawar, Kamis 14/12/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Badan Narkotika Kabupaten Kutai Barat bekerja keras menghentikan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di Tanaa Purai Ngeriman. Dibarengi melibatkan para pelajar setingkat SMA dan SMK dengan membentuk Satuan Tugas Narkoba Sekolah. Dimulai dari 3 sekolah di Kecamatan Melak, yakni SMA Negeri 1 Sendawar, SMKN 1 Sendawar dan SMK Sinar Abadi.

Tidak hanya membentuk Satgas Narkoba Sekolah atau SNS, 110 pelajar juga dibekali sejumlah materi terkait narkoba. “Pelantikan SNS dan pembekalan di tahun 2017 ini, kami fokuskan di Kecamatan Melak. Tahun depan, berlanjut di Kecamatan Barong Tongkok, Linggang Bigung dan kecamatan lainnya,” ujar Sekretaris BNK Kubar, Jamidi, Kamis 21/12/2017.

Jamidi mengungkapkan, pembekalan yang dilakukan Kamis 14 Desember 2017, tidak berhenti disitu saja. Dengan komunikasi yang sudah dilakukan dengan pihak sekolah lainnya, kegiatan serupa telah diprogramkan pada kegiatan sekolah pada setiap bulannya. Atau setidaknya setiap 3 bulan sekali, BNK Kubar akan datang ke sekolah-sekolah yang telah ada SNS dan dilantik. “Selain pembekalan, pertemuan akan saling sharing (berbagi) dan evaluasi. Sehingga akan terjalin hubungan emosional yang baik antara BNK dengan SNS nantinya,” katanya.

Tim Pembekalan Satgas Narkoba Sekolah membahas program tahun 2018 di ruang kerja Kepala SMAN 1 Sendawar, Agus Johansyah. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Soal pembekalan 110 anggota SNS yang dipusatkan di SMAN 1 Sendawar, jelas Jamidi, bertema Berprestasi Tanpa Narkoba. Sub tema, Menjadikan Satgas Narkoba Sekolah Sebagai Ujung Tombak Pemberantasan Dan Penyalahgunaan Narkotika Di Lingkungan Sekolah Serta Lingkungan Masyarakatnya.

Komitmen bersama Satgas Narkoba Sekolah dan para narasumber. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Menghadirkan narasumber Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Kubar, AKP Jamhari dan KBO Satresnarkoba, Ipda Gatot Siswanto. Materi yang disampaikan seputar aspek hukum bagi terdakwa dan penguna narkotika. Narasumber dari tenaga kesehatan juga ditampilkan, yakni Dokter Waluyo. “Ia adalah dokter Instansi Penerima Wajib Lapor di Puskesmas Melak, yang telah mengikuti pelatihan oleh BNN Provinsi Kaltim. Dengan materi, Jenis-Jenis Napza Serta Bahayanya Bagi Manusia,” kata Jamidi.

Jamhari berharap, SNS sebagai perpanjangan tangan bagi BNK, Polres Kubar dan Sekolah untuk memerangi penyalahgunaan narkotika. “Pembekalan ini salah satu program unggulan BNK Kubar. Kami menyadari narkoba sudah tahap yang begitu parah menyasar anak-anak usia muda, terutama anak-anak usia sekolah,” tegasnya.

Kepala SMAN 1 Sendawar, Agus Johansyah mengatakan, ingin kegiatan serupa terus berlangsung. Sehingga membantu pihak sekolah untuk memberikan kesadaran terkait penyalahgunaan nakotika dan bahan zat adiktif lainnya. “Kami ingin anak didik kami memiliki prestasi yang baik. Yang paling utama, semoga siswa kami bersih dari narkoba,” katanya. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here