Hits: 0

BSPN Akan Kawal Data Konstituen

Sosialisasi Metode Perekrutan Regu Penggerak Pemilih dan Saksi Badan Saksi Pemilu Nasional di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Jumat 8/12/2017, dihadiri 16 Ketua PAC Se-Kubar dan para Pengurus DPC PDI Perjuangan Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Memiliki 14 kursi di DPRD Kabupaten Kutai Barat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menetapkan target lebih tinggi di Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang. Dari 16 Pimpinan Anak Cabang atau tingkat kecamatan se-Kubar, diharapkan dapat meraih sedikitnya satu kursi di Parlemen Tanaa Purai Ngeriman. Untuk itu, internal partai diwajibkan ikut terlibat langsung dalam pemenangan Pemilu berikut.

Diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Ismail Thomas, partainya akan terus eksis di Kubar. Semangat kader dan simpatisan diyakini akan terus menyala seperti di masa lalu. “Kita harap minimal 1 orang dari setiap PAC bisa duduk (di DPRD Kubar). Jadi setidaknya ada 16 kursi kita dapat di Pemilu 2019 nanti. Saat ini saja, dapat 3 kursi dari Linggang Bigung dan 3 kursi dari Barong Tongkok,” katanya di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Jumat 8/12/2017.

Saat membuka Sosialisasi Metode Perekrutan Regu Penggerak Pemilih dan Saksi Badan Saksi Pemilu Nasional atau BSPN Kubar, ia menegaskan PDI Perjuangan Kubar tetap solid. Sebab Thomas mendengar nada sumbang di masyarakat, termasuk di media sosial, tentang goyahnya soliditas di tubuh PDI Perjuangan Kubar. Bahkan ia mengakui ada keraguan yang muncul dari internal partai.

Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional DPC PDI Perjuangan Kubar, Ridwai, menerima SK dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Ismail Thomas. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Ada yang meragukan eksistensi PDI Perjuangan ke depan. Untuk itu, kader di struktural dan kader di fraksi harus menunjukkan kalai kita masih solid. Soliditas akan memberi semangat bagi kita bersama,” tegas Bupati Kubar Periode 2006-2016 tersebut.

 

Thomas melanjutkan, kesulitan yang dihadapi dalam berbagai Pemilu, akan teratasi. Contohnya soal KTP yang selalu jadi masalah menjelang Pemilu atau Pilkada. Di kecamatan wilayah pedalaman, bisa sampai 300 konstituen tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Saya harap BSPN mulai menginventarisir kendala di Pilkada. Karena kita berharap banyak pada BSPN yang sejalan dengan Bappilu. Pemilu bicara angka, kalau salah bisa merusak semua rencana atau langkah kita,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kubar, Yohanes Mas Puncan Karna, menekankan pentingnya fungsi 3 organisasi internal partai. Yakni Bappilu yang kali ini dipimpin Puncan Karna. Kemudian Badan Bantuan Hukum dan Advokasi dengan kepalanya, Lirin Colin Dingit. Dan BSPN yang dipimpin Ridwai.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Ismail Thomas, menyerahkan SK Mandat BSPN 16 PAC yang diterima Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bongan dan disaksikan 5 Ketua PAC lainnya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BSPN menjadi center dari dua badan lainnya. Karena BSPN adalah Pusat Data dalam bentuk angka. Oleh karenanya, BSPN yang ada di kecamatan maupun di kampung-kampung, diharapkan dapat menyampaikan data yang akurat dan valid.

“Sehingga dalam proses oleh BSPN Kabupaten, data-data tersebut dapat dijadikan dasar dalam membuat strategi dan mengambil keputusan dalam rangka pemenangan pemilu,” ujar Puncan Karna yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubar.

Pembukaan Sosialisasi tersebut dihadiri juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar, Jackson John Tawi, Bendahara Yudi Hermawan, Wakil Ketua Bidang Organisasi Herjon Noperi Lone,  Wakil Ketua Yovinus, Wakil Ketua Rizaldi dan Wakil Sekretaris Johanes Don Bosko Bulor.

Hadir pula para Anggota DPRD Kubar dari Fraksi PDI Perjuangan, 16 Ketua PAC PDI Perjuangan Kubar dan para Pengurus dan Staf DPC PDI Perjuangan Kubar. Termasuk para pengurus organisasi sayap partai, seperti Taruna Merah Putih, Relawan Perjuangan Demokrasi dan Banteng Muda Indonesia. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here