Hits: 0

Juragan Sapi Yang Pengalaman di Bidang Pertanian dan Peternakan

H Solichin, sosok dari etnis Jawa yang dipilih dan direstui para tokoh etnis Jawa untuk mendampingi Rama Asia di Pilkada Kubar 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Elektabilitas yang masih sangat tinggi pada ajang politik di Kabupaten Kutai Barat, membuat Rama Alexander Asia tetap menjadi sorotan. Kali ini soal siapa yang akan menjadi pendampingnya dalam pertarungan di Pilkada Kubar tahun 2020 mendatang. Setelah Ustad Pono yang tersandung kasus hukum di Polres Kubar, muncul teka-teki siapa sosok penggantinya.



Diungkapkan Ketua Tim Bersatu Mewujudkan Harapan Masyarakat Kutai Barat, Elvin Eriadam, figur pengganti Ustad Pono telah ditetapkan. Meski sebelumnya dikatakan akan diumumkan langsung oleh Rama Asia, sosok yang dimaksud tidak lagi ‘dirahasiakan’. “Figur terbaik itu adalah Pak Haji Solichin, orang Kubar asal dari etnis Jawa,” katanya pada Kamis, 9 Januari 2020 di Sekretariat Rama Center, Jalan Pattimura Nomor 40, RT 09 Kelurahan Barong Tongkok.

Adam mengatakan, nama H Solichin muncul dari usulan dari para tokoh etnis Jawa yang telah dibahas jauh hari sebelum Ustad Pono. “Cuma saat itu Pak Solichin belum mau, karena merasa Ustad Pono lebih layak mendampingi Pak Rama Asia. Namun setelah ada kasus hukum, para tokoh Jawa kembali meminta Pak Solichin maju, barulah beliau mau,” ujarnya.

Dijelaskan Wakil Ketua Rama Center, Alsiyus, sosok diyakini dapat meraih simpati masyarakat. Karena berjiwa merakyat, masyarakat kalangan bawah sudah dekat dan menjadi peluang besar meraup suara. “Beliau ini low profile (rendah hati), kami yakin sangat cocok mendampingi Pak Rama Asia. Sejak 2006, beliau ini pendukung fanatik Pak Rama Asia,” ungkapnya.

Rama Alexander Asia saat menerima sejumlah tokoh dan Tim Rama Center di kediaman, Perumahan Villa Tamara, Kota Samarinda. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Solichin yang dikenal warga Kubar sebagai seorang pengusaha bidang peternakan dan jual beli Sapi, disebut punya visi dan misi memberdayakan bidang pertanian dan peternakan. Selaras dengan Rama Asia yang juga konseptor atau perencanaan bidang pertanian dan berlatarbelakang pendidikan Insinyur Pertanian. “Beliau (Solichin) sudah siap bertarung dengan konsekuensi apapun. Ini sudah atas restu dan hasil pemikiran para tokoh, khususnya etnis jawa. Kita tidak meninggalkan kelompok Jawa,” jelas Alsiyus.

“Karena harus kita akui bahwa kelompok Jawa sangat besar andilnya dalam pembangunan Kubar,” tegasnya soal pilihan kepada figur dari etnis Jawa untuk menjadi pendamping Rama Asia.

Ditambahkan Wakil Ketua Bidang Humas Rama Center, Jaini Imas, tadinya Rama Asia akan mengumumkan langsung nama Solichin saat deklarasi pasangan calon. “Pak Rama Asia sendiri mengaku kenal baik dengan Pak Solichin. Ia meminta segera disosialisasikan ke publik, dan dilakukan survei internal. Hal itu untuk mengukur kekurangan dan kelebihan kandidat secara politik,” katanya.

Kepada KabarKubar, Solichin mengaku adalah pendukung fanatik Rama Asia sejak Pilkada Kubar tahun 2006 silam. Setiap ajang Pilkada Kubar yang diikuti Rama Asia sebagai Calon Bupati Kubar, ia tetap berdiri di barisan pendukung. Tidak hanya memberi suara di Tempat Pemungutan Suara, juga mengajak masyarakat untuk memilih.



“Kalau Pak Rama Asia masih maju di Pilkada Kubar, saya tetap mendukungnya. Sampai kapanpun tetap jadi pendukung beliau,” ujarnya dalam pertemuan di rumah salah seorang tokoh Jawa di kawasan Pasar Nala, Kecamatan Linggang Bigung. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here