Hits: 0

100 Murid Ditangani 21 Guru

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sekolah Dasar Negeri 012 Barong Tongkok di Kampung Karang Rejo Kecamatan Barong Tongkok menegaskan peran guru dalam menjaga kualitas pendidikan. Sehingga sebelum diadakan ujian kepada murid Kelas 6 misalnya, dilaksanakan les terlebih dahulu. Namun hal itu membutuhkan sarana dan prasarana memadai untuk menunjang kualitas pendidikan yang mumpuni.

Menurut Kepala SDN 012 Barong Tongkok, Sulamiah, pihaknya menerapkan pendidikan karakter yang berkualitas bagi anak didiknya. Untuk menunjang itu, ditekankan agar siswa selalu berdisiplin, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Serta memberikan pemahaman budaya salam, baik kepada sesama maupun guru. “Kita masih membutuhkan beberapa sarana,” ujarnya, Senin 14/5/2018 di ruang kerja.

Sulamiah mengungkapkan, kebutuhan itu berupa infrastruktur yang sangat diperlukan belakangan ini. Antara lain, kursi, meja dan ruang kelas. Sebab dengan gedung yang sekarang, mau tidak mau ada siswa yang duduk bertiga dalam satu meja. Tidak itu saja, sekolah di Jalan Jenderal Sudirman RT 2 Kampung Karang Rejo ini juga membutuhkan ruang guru, Unit Kesehatan Sekolah atau UKS dan ruang perpustakaan.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 012 Barong Tongkok, Sulamiah. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Kami sangat membutuhkannya. Karena jika siswa lebih dari 20 orang dalam satu kelas, maka terpaksa harus digabungkan 3 orang dalam satu meja,” ungkap Sulamiah.

Ia menjelaskan, sekolah ini telah memiliki 21 tenaga pendidik yang mencakup wali kelas, guru bidang studi agama, olahraga dan bidang studi lainnya. Ada tujuh di antaranya berstatus Abdi Sipil Negara atau PNS, 12 orang Pegawai Tidak Tetap dan 2 masih Honorer. Seluruh guru tersebut menangani 100 murid.

“Para guru pun ikut serta menempuh pendidikan dengan berkuliah di UT (Universitas Terbuka), dan terbukti 4 orang yang menyelesaikan akademik 4A. Yang lainnya masih dalam perjuangan,” kata Sulamiah.

Murid SDN 012 Barong Tongkok di Jalan Jenderal Sudirman RT 2 Kampung Karang Rejo Kecamatan Barong Tongkok, butuh tambahan sejumlah sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Diakui Sulamiah, SDN 012 Karang Rejo pernah meraih prestasi bidang olahraga di tahun 2011. Kala itu mereka menempati posisi Juara 3 Futsal Kubar Cup 2011. Tidak itu saja, sekolah ini pernah juga meraih Juara I mewarnai dan Lomba Kreatif Pelajar yang memperingati hari BLH Sedunia tahun 2017 .

Di tahun 2018, SDN 012 Karang Rejo juga mengikuti lomba pekan fisika yang diadakan oleh Universitas Mulawarman. “Dalam hal ini dapat pengalaman baru dan dapat bersaing dengan sekolah lainnya. Semoga anak-anak tetap semangat dan giat belajar lagi,” tutur Sulamiah. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here