Hits: 1

Dinas Pertanian Kubar Akan Berikan Pelatihan dan Pendampingan

Sebanyak 12.000 bibit lada unggul bersertifikat bantuan pemerintah, tiba di Kampung Balok Asa pada Rabu, 23 September 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sebanyak 20.500 pokok bibit lada unggul diterima 12 petani di Kampung Balok Asa, Kecamatan Barong Tongkok. Bibit bersertifikat itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi petani lewat bercocoktanam lada. Sebagai upaya pemerintah daerah mengangkat taraf hidup petani lewat bidang pertanian dan perkebunan.

Bibit unggul itu diberikan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat. Lada yang akan ditanam di lahan seluas 12 hektare itu didatangkan dari Penangkar Benih Vigor Indonesia. Yang ada di Desa Puncak Indah, Kecamatan Maili, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL Kampung Balok Asa dan Juhan Asa, Elisabet, bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Bina Karya. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Bibit lada ini diterima para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Bina Karya Kampung Balok Asa. Tidak hanya bibit lada, akan Dinas Pertanian Kubar juga akan memberikan bantuan pupuk organik sekitar 400 kilogram untuk setiap hektare lahan.

“Untuk mendapatkan bantuan bibit lada itu, sebelumnya kita telah mengajukan proposal permohonan bantuan,” ungkap Kepala Kampung Balok Asa, Susanto pada Rabu, 23 September 2020.

Kepala Kampung Balok Asa, Susanto, menerima bibit lada unggul bersertifikat untuk disalurkan kepada 12 anggota Kelompok Tani Bina Karya. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Dijelaskannya, proposal ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat  dalam Hal ini Dinas Pertanian. Selanjutnya ditindaklanjuti ke Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Syarat utamanya, harus memiliki lahan serta melampirkan  salinan atau photocopy KTP mereka yang tergabung di dalam kelompok tani.

Atas nama masyarakat, Susanto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, Karena terlah mendengar aspirasi  warganya. Ia berharap, kelompok tani Bina Karya bisa berinovasi.

Bibit Lada Unggul Bersertifikat segera dibagikan kepada petani untuk ditanami di lahan seluas 12 hektare. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

“Jika selama ini hanya mengandalkan berladang dan kebun karet, sekarang kita coba sesuatu yang baru. Yakni tanam lada,” kata Susanto yang juga tergabung dalam Kelompok Tani Bina Karya.

Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL Kampung Balok Asa dan Juhan Asa, Elisabet, Dinas Pertanian Kubar tidak hanya memberikan bantuan bibit dan pupuk organik. Tapi akan mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada para petani.



Dari cara menanam, dan perawatan tanaman lada. Sehingga para petani lada hasil panen yang didapat nantinya bisa maksimal. “Semoga petani benar-benar memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan pemerintah. Sehingga mereka bisa jadi petani lada yang sukses,” tutup Elisabet saat menyerahkan bibit lada kepada petani secara simbolis.

“Bantuan pengembangan lada ini sangat bermanfaat untuk kami mengejar sukses sebagai petani,” tutur Supriadi, salah seorang petani di Kampung Balok Asa. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here