Hits: 2

Ekti Imanuel: “Ini organisasi yang memang membentuk kader”

Sekretaris BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, mengingatkan pentingnya kaderisasi di tubuh organisasi. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Musyawarah Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI Kabupaten Kutai Barat memunculkan nama Rull Riskha Risandhie sebagai pemimpin untuk tiga tahun ke depan. Melalui proses pemilihan yang relatif singkat, Muscab Ke-2 HIPMI Kubar juga menghasilkan susunan Badan Pengurus Cabang HIPMI Kubar periode 2020-2023.

“Pada saatnya nanti, kita akan mencari bibit baru, dan menemukan pengusaha muda yang baik, yang bisa membawa HIPMI Kubar ke arah yang lebih baik,” ujar Rull Riskha Risandhie saat Muscab HIPMI Kubar pada Minggu, 6 September 2020.



Pria yang akrab disapa Ris Gamas ini mengatakan, kehadiran HIPMI Kubar juga untuk menjaring para pemuda yang berbakat dalam dunia bisnis atau usaha. Ia berharap saatnya nanti, jika muncul pemimpin baru, HIPMI Kubar bisa berjalan dengan baik.

“Tidak lupa kita harus bersinergi dengan pemerintah daerah, dan menjalin hubungan baik dengan pihak swasta dan instansi atau lembaga negara lainnya,” katanya.

“Ini tugas yang berat, tugas sangat luar biasa, tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan teman-teman semua, pemerintah dan pembina HIPMI. Berharap bisa melaksanakan amanah ini dengan baik, dan kita harap ekonomi kita di Kubar lebih baik,” pungkas Ris Gamas.

Musyawarah Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI Kabupaten Kutai Barat pada Minggu, 6 September 2020 di Kampung Linggang Bigung, Kecamatan Linggang Bigung. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

Sekretaris Badan Pengurus Daerah HIMPI Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, mengatakan kepengurusan BPC HIPMI Kubar berakhir di 2020 ini. Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, harus diadakan pemilihan ketua baru untuk periode 2020-2023. Sebagaimana di BPD HIPMI Kaltim yang juga habis masa bakti di 2020, sehingga dijadwalkan mengelar Musyawarah Daerah pada 26-27 September 2020.

“Yang mendaftar hanya seorang, karena memang persyaratannya ketat. Satu keharusan sebagai calon ketua, adalah pernah mengikuti Diklatda (Pendidikan dan Pelatihan Daerah). Saudara Ris yang memenuhinya,” jelasnya.

Musyawarah Cabang HIPMI Kubar dihadiri Camat Linggang Bigung, Kristina. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

Menurutnya, HIPMI merupakan organisasi unik, yang pemimpinnya hanya boleh satu periode dan usia dibatasi di bawah 41 tahun. “Ini organisasi yang memang membentuk kader. Banyak persyaratan yang tidak boleh dilanggar, dan akan dinyatakan gagal. Kami tidak mau ajarkan yang gagal,” tegas Ekti Imanuel.

Ekti berpesan agar dalam kepengurusan HIPMI Kubar yang baru mengakomodir para pemuda dari segala penjuru Kubar yang mau bergabung dengan HIPMI. Sebab kehadiran pemuda sangat baik menjadi pembelajaran dalam berorganisasi. Khususnya dalam proses menjadi seorang ketua, ada tangga harus dititi. “Kawan-kawan bisa belajar kepada para senior yang ada,” harapnya.

Camat Linggang Bigung, Kristian, menyinggung luas wilayah Kubar yang mencapai 17.307 kilometer persegi. Artinya, banyak potensi alam yang bisa dikembangkan ke depan. Termasuk rencana Ibu Kota Negara yang baru dengan wilayah berbatasan langsung dengan Kubar.

Rull Riskha Risandhie terpilih sebagai Ketua BPC HIPMI Kabupaten Kutai Barat untuk periode 2020-2023. EKILOVIS/KABARKUBAR.COM

“Melihat potensi ini, mari anggota HIPMI yang punya jiwa milenial untuk menggali potensi. Jika tidak bersaing, kita akan jadi penonton. Ini catatan khusus bagi generasi bangsa,” katanya mewakili Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

“Jangan kita jadi penonton, tapi marilah turut dalam membangun bangsa, tidak hanya di Kubar tapi nasional. Potensi karet, coklat, sawit bisa kita kembangkan. Ini PR (pekerjaan rumah) bersama di tangan kalian. Kita kembangkan potensi yang ada untuk kemajuan Kubar,” tegas Kristian.

Kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019, disebut sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Ia berharap, akan ada ide-ide yang bisa dirumuskan untuk membangkitkan ekonomi yang melemah. “Ekonomi kecil diharap bisa bergerak, lebih laju atau cepat dan mendapat efek positif terhadap ekonomi keluarga kita. Semoga hari esok lebih baik daripada hari ini,” pungkasnya.



Muscab II HIPMI Kubar dipimpin Fachrujiansyah Bachsan sebagai Steering Committee dan Abram Christ Ernez selaku Official Committee. Dihadiri Suriansyah selaku Pengurus Harian BPC HIPMI Kubar dan pengurus lainnya.

Pendaftaran Bakal Calon Ketua BPC HIPMI Kubar dibuka pada 26 Agustus 2020 selama 10 hari hingga Sabtu, 5 September 2020. Setelah sebelumnya diumumkan Pendaftaran Calon Ketua Umum pada 23 Agustus 2020. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here