Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Studi Pembelajaran Kurikulum 2013

Utusan dari 37 sekolah di Kabupaten Kutai Barat mengikuti kegiatan Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI di SDN 01 Barong Tongkok, Selasa 13/8/2013. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat melaksanakan Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI selama tiga hari. Selain penerapan K13 diwajibkan untuk seluruh sekolah di Kubar, para guru diminta untuk bijak menggunakan Gadget atau Gawai. Agar lebih mendapatkan nilai positif, dan bermanfaat bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah.



Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, meminta para guru tidak menjadikan gawai dengan sistem Android dimilinya hanya untuk membuka media sosial atau Sosmed. Tetapi juga membuka media untuk belajar secara pribadi. Terlebih ada edaran dari Gubernur Kaltim atas penggunaan Gawai yang banyak digunakan secara keliru.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka diharapkan agar dapat lebih bijak mengendalikan penggunaan Gawai. “Saya harap agar bisa dan siap, serta mampu mengikuti dan melaksanakan perkembangan jaman. Siap belajar, karena sekarang sudah memasuki Era Milenial,” ujarnya saat membuka acara yang digelar di SD Negeri 01 Barong Tongkok, Selasa 13/8/2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Silvanus Ngampun, saat menyampaikan arahan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Sekarang ini jaman semakin canggih, ada Aplikasi Rumah Belajar dan Ruang Guru. Bisa mendapatkan banyak bahan yang digunakan dalam K13, baik untuk guru maupun siswa,” terang Silvanus Ngampun.

Dijelaskan Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Kubar, Yosep Suparno, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi guru bidang studi pembelajaran kurikulum 2013. Guna memahami teknik pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan penggunaan pembelajaran. Juga membentuk karakter dan mampu menerapkan kurikulum dalam pembelajaran K13.



“Ini merupakan kurikulum pemahaman karakter pendidikan, dengan Kasi Pendidikan Kecamatan Barong Tongkok sebagai narasumber. Peserta yang terdiri dari 37 sekolah, yakni kelas atas, bawah dan agama,” tutup Yosep Suparno yang juga Ketua Panitia. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here