Kapolsek Bongan Dijabat Iptu Djaka Purnama

Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan SIK MH, memimpin Serah Terima Jabatan Kepala Satuan Reserse Kriminal dan Kepala Kepolisian Sektor Bongan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dua jabatan Perwira Pertama di Jajaran Kepolisian Resor Kutai Barat diserahterimakan di Aula Markas Polres Kubar, Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, Sabtu 2/6/2018 pagi tadi. Yakni Jabatan Kepala Satuan Reserse Kriminal dan Kepala Kepolisian Sektor Bongan. Ajun Komisaris Polisi Rido Doly Kristian Sigalingging SH SIK, bergeser menjadi Kepala Satreskrim Polres Paser. Penggantinya adalah AKP Ida Bagus Kade Sutha Astama SIK.

Serah Terima Jabatan Kasat Reskrim dari AKP Rido Sigalingging dengan Nomor Registrasi Polisi: 85122038 kepada AKP Ida Bagus Kade Sutha Astama yang memiliki NRP: 85111910, disahkan dengan SK. Yakni Surat Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Nomor: KEP/1065/LIMA ROMAWI/2018 Tanggal 19 Mei 2018.

Komandan baru Tim Buru Sergap Polres Kubar, AKP Ida Bagus Kade SA, bukanlah orang baru di Satuan Reskrim. Sebab ia adalah Wakil Kepala Satreskrim Polres Kota Samarinda. Ia pernah menjabat Kepala Unit Reskrim Polsek Tegalsari Polres Kota Surabaya, saat berpangkat Inspektur Satu. Dan menjabat Kanit Tindak Pidana Tertentu Polres Kota Surabaya.

Empat Perwira Pertama yang diserahterimakan dalam dua jabatan, Sabtu 2/6/2018 di Aula Markas Polres Kutai Barat, Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sedangkan AKP Rido Sigalingging yang dikenal tegas dalam menjalankan tugas, telah mencetak berbagai prestasi dalam pengungkapan kasus tindak pidana di wilayah Polres Kubar. Puluhan kasus illegal logging atau pembalakan liar ditangani sejak ia memimpin Tim Buser Polres Kubar pada Jumat 25 November 2016. Beberapa kasus pembunuhan juga berhasil diungkapnya, dengan kerja sama apik anggota di satuannya.

Bersamaan dengan itu, dilakukan juga Sertijab Jabatan Kepala Polsek Bongan dari AKP Soleh SH dengan NRP: 69050280 kepada Inspektur Satu Djaka Purnama dengan NRP: 64090514. Sertijab keduanya berdasarkan Keputusan Kapolda Kaltim Nomor: KEP/1068/LIMA ROMAWI/2018.

“Terima kasih kepada AKP Rido Doly Kristian Sigalingging dan AKP Soleh, atas dedikasi juga pengabdian yang telah diberikan bagi kemajuan dan perkembangan Polres Kubar. Selamat datang kepada AKP Ida Bagus Kade SA, agar segera bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi di lingkungan kerja saudara yang baru,” ujar Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK MH.

Serah terima jabatan dilakukan di Aula Mapolres Kubar sekira pukul 10.05 Wita, dipimpin Kepala Polres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kapolres mengaku wilayah hukum Polres Kubar sangat luas. Meliputi 26 kecamatan dalam administrasi Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. Pejabat yang baru dilantik, diharap segera melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengenali juga kebiasaan serta budaya setempat. “Perhatikan kearifan lokal yang ada dan kenali wilayah, guna mencari informasi seluas-luasnya. Sehingga gejolak-gejolak di masyarakat dapat terdeteksi dan diantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Hal yang harus dideteksi dan diantisipasi, lanjut AKBP Putu Setiawan, seperti pembakaran hutan dan lahan, pencurian kendaraan bermotor, dan pencurian dengan pemberatan. Juga kekerasan dalam rumah tangga, illegal oil, illegal logging, dan perjudian serta kekerasan terhadap anak. Lebih utama adalah kekerasan seksual dan penganiayaan yang dapat memicu terjadinya konflik antar suku bernuansa SARA. “Juga teror bom yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat kita,” ungkapnya.

Penandatanganan Berita Acara Pelantikan, Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Fakta Integritas. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Mantan Waka Polres Kota Cirebon ini meminta dibina hubungan baik dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan juga unsur muspika. Agar dapat meyakinkan bahwa Polri, khususnya Polres Kubar, mampu memberikan keamanan serta kenyamanan dalam setiap aktivitas masyarakat.

Terlebih agenda pengamanan selama bulan suci Ramadan, pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam 2018, dan Pengamanan Pelaksanaan Pilgub Kaltim tahun 2018. Hingga menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2019. “Ini membutuhkan kinerja ekstra personel Polri, guna menyukseskannya,” pesan AKBP Putu Setiawan.

Hadir dalam pelantikan itu, Kepala Bagian Operasional Kompol Sarman, Kabag Administrasi Kompol Teguh Joko Sriyono, dan seluruh kepala satuan di jajaran Polres Kubar. Juga para Kapolsek, seluruh Perwira Pertama dan puluhan Bintara dari berbagai satuan. Serta anggota Bhayangkari Cabang Kutai Barat sebanyak 25 orang. #Bripda Agus Purnomo/Humas Polres Kutai Barat

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here