Hits: 0

Diisi Penyuluhan, Senam Sehat dan Cek Kesehatan

Salah satu kegiatan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan para pelajar SMK Kesehatan Budi Bakti Tering. YOHANES ANTONIUS MBULU/KABARKUBAR.COM

TERING – KABARKUBAR.COM
Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat gencar mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di 16 kecamatan. Selain merupakan dicanangkan Presiden RI, tingginya angka penderita penyakit kronis membuat program ini penting dijalankan.

“Kampanye ini digalakkan mengingat berdasarkan temuan tingginya angka penyakit kronis yang dialami masyarakat Kubar. Belum lagi angka stunting yang cukup tinggi,” tutur Kristina Yeri, Staf Promosi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kubar, Selasa 20/3/2018 usai Kampanye Germas di Kantor Kecamatan Tering.

Kristina mengungkapkan, target Kampanye Germas kali ini adalah para pejabat kampung. Dikarenakan sosoknya yang lebih dikenal dan dihormati masyarakatnya. Sehingga bisa menjadi panutan bagi warga dalam dalam melaksanakan pola hidup sehat.

Diskes Kubar mengampanyekan Germas bersama Pemerintah Kecamatan Tering, Unit Pelayanan Teknis Puskesmas Tering, dan melibatkanSMK Kesehatan Budi Bakti Tering. Kali ini dihadiri 130 peserta yang terdiri dari seluruh unsur pimpinan lembaga di kampung. Seperti kepala kampung atau Petinggi, Badan Perwakilan Kampung, Lembaga Adat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan sejumlah perwakilan masyarakat dari 15 kampung.

Kampanye Germas di Kecamatan Tering diakhiri dengan makan sayur dan buah bersama-sama seluruh peserta yang diisi para Petinggi, BPK, Lembaga Adat dan perwakilan masyarakat dari 15 kampung. YOHANES ANTONIUS MBULU/KABARKUBAR.COM

Sederhana, kampanye Germas diawali dengan senam sehat bersama yang dipandu pelahar SMK Kesehatan Budi Bakti. Kemudian berlanjut pemeriksaan kesehatan seluruh peserta. Meliputi pemeriksaan tanda-tanda vital, gula darah, asam urat dan kolesterol. Lalu pemaparan tentang pentingnya menyukseskan Germas sesuai SK Bupati Kubar Nomor: 800.05.441/K.957/2017 tentang Pembentukan Forum Germas Kabupaten Kutai Barat. Dan kegiatan diakhiri makan buah dan sayur bersama.

Dikatakan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Tering, Kaspirudin, pihaknya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan positif di bidang kesehatan. Sebagai lokasi perdana dikampanyekannya Germas di tahun 2018, mereka sangat berterimakasih atas kepercayaan Pemkab Kubar melalui Diskes. “Masyarakat Tering memang perlu disadarkan tentang berbagai hal pentingnya hidup sehat,” ujarnya.

Germas mulai digaungkan Pemkab Kubar sejak 2017 lalu. Program ini menitikberatkan pada 4 pilar utama. Yakni rutin melakukan aktifitas fisik, memeriksakan kesehatan secara teratur, makan buah dan sayur serta tidak merokok. Akan dikampanyekan di 16 kecamatan se-Kubar.

Terkait dilibatkannya SMK kesehatan Budi Bakti Tering dalam kampanye Germas, pihak Diskes Kubar sangat mengapresiasi. Dan akan sangat bersyukur jika para pelajar itu terus dilibatkan di setiap Kampanye Germas. “Adik-adik ini adalah calon tenaga kesehatan di masa depan. Mereka harus punya kesadaran sejak dini untuk menjalankan hidup sehat dan menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya,” imbuh Lutfi Ishak, yang juga Staf Promkesga Diskes Kubar. #Yohanes Antonius Mbulu

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here