Hits: 1

Pemahaman Manajerial, Perangkat Pembelajaran Tematik dan K13

Pemahaman Manajerial dan Perangkat Pembelajaran Telematik dan Kurikulum 2013 diperlukan untuk kualitas pendidikan yang lebih baik. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM

Guna meningkatkan keterampilan para tenaga pendidik, Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Kecamatan Melak mengadakan pelatihan di Kecamatan Melak. Sebanyak 64 guru dan kepala sekolah dari 11 sekolah mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Kasek. Tujuannya, memotivasi dan menyiapkan para guru pada Kurikulum 2013 (K13), baik proses pembelajaran sampai penilaian secara maksimal.



Kegiatan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Melak ini, dikhususkan bagi para guru dan kasek di wilayah Kecamatan Melak. Yang diikuti para pengajar dan kasek dari sekolah tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidayah sederajat. Agar memahami benar dalam hal penilaian Rapor K13 dan Perangkat Pembelajaran Tematik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Silvanus Ngampun, berharap ilmu yang telah didapat nantinya bisa diterapkan di sekolah. Serta dibagikan kepada seluruh guru lainnya yang belum sempat hadir atau mengikuti pelatihan. “Jangan disia-siakan, agar bisa share (bagi) kepada guru lain,” katanya melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kubar, Ismail Panji.

Panji berterimakasih dan mengapresiasi sebesarnya Kasek Penyelenggara, SD Muhammadiyah 01 Melak Noorma Lenny. Juga kepada seluruh guru yang bersedia memfasilitasi wadah dan menjamu seluruh peserta dengan baik. “Dan semua pun tidak lepas dari kekompakan para Kasek dengan persiapan yang singkat,” katanya.

Sebanyak 64 guru dan kepala sekolah di Kecamatan Melak serius mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Kasek, yang digelar tanggal 1-3 Oktober 2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ketua Panitia, Sahminan mengatakan, pelatihan ini terlaksana selama tiga hari, tanggal 1-3 Oktober 2019 atas kerja sama Disdikbud Kubar. Pelatihan ini tidak hanya dalam rangka pemantapan Penilaian Rapor K13 dan Perangkat Pembelajaran Tematik bagi guru kelas. “Tapi juga untuk pemahaman manajerial bagi kepala sekolah se- Kecamatan Melak tahun 2019.,” jelasnya dalam laporan.

“Semoga pelatihan seperti ini akan sering diadakan dan rutin setiap tahun. Agar kami sebagai guru bisa semakin paham dan mantap akan Kurikulum K13 ini. Apalagi untuk guru-guru muda seperti kami,” ujar Selni Meka Sari, peserta yang sehari-hari Guru Kelas di SDN 02 Melak.



Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Seksi Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Melak Francen, serta Pengawas Kegiatan Sulamiah, Hj Dewi Hairiyah dan H Ilyas. Sebagai Narasumber didatangkan adalah Dr Puji Syamsuri. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here