Hits: 0

Ketua KPU : “Peduli Masa Depan Bangsa, Dengan Menggunakan Hak Pilih”

Komisioner KPU Kutai Barat Johanes Nuel, menjadi Inspektur Upacara di SMK Sinar Abadi Melak, Senin 11/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Komisi Pemilihan Umum Kutai Barat melaksanakan sosialisasi Pemilihan Umum di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Sasaran utamanya, yakni Pelajar SMA/SMK sederajat. Dengan harapan,  mereka dapat berperan aktif, baik sebagai Pemilih Pemula maupun Agen Demokrasi.



“Sasaran awal, yakni khusus sekolah yang berada di ibukota kecamatan. Selanjutnya, setelah sosialisasi pembentukan PPK dan PPS atau kegiatan lain, baru kita akan melaksanakan sosialisasi hingga Sekolah yang berada di pelosok,”  ujar Ketua KPU Kutai Barat Fransiskus Xaverius Irianto, terkait pelaksanaan sosialisasi, Senin 11/9/2017.

Ia menuturkan, tujuan sosialisasi, guna memperkenalkan kepada Pemilih Pemula, bahwa KPU merupakan Lembaga Penyelenggara Pemilu.  Lembaga yang mempunyai kewenangan, tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan, merencanakan, melaksanakan dan menetapkan hasil-hasil yang berkenaan dengan pemilu.

Komisioner KPU Kutai Barat Arkadius Hanye, menjadi Inspektur Upacara di SMK Pertanian Ave Bungan Tanaa (Bigung Baru), Senin 11/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Kita berharap, generasi muda dapat mengetahui dan memahami bahwa setiap kegiatan proses pemilihan harus tetap menjunjung azas dasar pemilu. Yakni azas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia serta Jujur dan Adil,” ungkap FX Irianto. Misal, terangnya, pada pemilihan Ketua OSIS atau Pengurus lainnya. Juga harus tetap menjunjung prinsip seperti yang diterapkan pada pemilu.

Selain itu, sosialisasi juga bertujuan memotivasi generasi muda untuk berperan aktif dalam melaksanakan apa yang telah diatur dalam Undang-Undang, khususnya hak dasar yakni hak memilih. “Kita memberitahukan kepada Pemilih Pemula, apa arti hak pilih itu. Apa untung-ruginya jika tidak memilih. Sebagai Penyelenggara Pemilu, kita ingin memberitahukan bahwa hak memilih itu diberikan kepada mereka,” terang Irianto.

Dalam pelaksanaan sosialiasi tersebut, semua unsur KPU Kubar terlibat. Yaitu, Ketua KPU sebagai Inspektur Upacara di SMK Negeri  1 Linggang Bigung. Sekretaris KPU Syamsuniq menjadi Inspektur Upacara di SMK Negeri 1 Melak. Tak mau ketinggalan halnya dengan para Komisioner KPU Kutai Barat. Seperti Johanes menjadi Inspektur Upacara di SMK Sinar Abadi Melak, Arkadius Hanye sebagai Inspektur Upacara di SMK Pertanian Ave Bungan Tanaa (Bigung Baru), Suhaini menjadi Inspektur Upacara di SMK Purnama Barong Tongkok serta Martinus sebagai Inspektur Upacara di SMK Negeri 2 Sendawar  (Simpang Raya).

“Ini sebagai bentuk pendekatkan Penyelenggara Pemilu kepada masyarakat ilmiah. Salah satunya, SMK dan SMA Sederajat yang memiliki andil. Baik itu sebagai PPK, PPS maupun Pemilih, itu merupakan sebagai bentuk penyelenggaraan Pemilu,” sebutnya.

Sekretaris KPU Kutai Barat Syamsuniq, menjadi Inspektur Upacara di SMK Negeri 1 Melak. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Partisipasi Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah, yang telah dilaksanakan sebelumnya, Irianto mengakui masih cukup baik. Yakni 67,7 persen dari total jumlah Pemilih, 122 lebih pemilih. Ia juga sangat menyayangan partisipasi Partai Politik hingga kini terlihat tidak seantusias ketika Pemilihan Bupati/Wakil Bupati.

“Kita berharap partisipasi Pemilih akan mampu bertahan dan alangkah lebih baik lagi jika mengalami peningkatan. Apalagi sekarang sudah masukan tahapan Pemilu, kita berharap peran parpol untuk juga dapat meningkatkan partisipasi pemilu,” ucapnya.

Ia menambahkan, peran Pemilih Pemula juga sebagai penyampai informasi kepada masyarakat luas. Sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara. “Peduli untuk menentukan masa depan bangsa, dengan mempergunakan hak pilih,” pungkasnya.#Reyber Benhouser Simorangkir



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here