Hits: 2

Naik Heli Mengunjungi 5 Pos Pamtas di Wilayah Mahulu

Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Subiyanto, mengunjungi Pos Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha di Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Senin 5/11/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman, Mayor Jenderal Subiyanto, menyambangi personel TNI yang bertugas di Pos Pengamanan Perbatasan. Kepada 129 anggota Satuan Tugas Pamtas dari Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha, Pangdam memberi instruksi tegas. Agar menghargai budaya setempat, dan menjadi sahabat bagi seluruh masyarakat yang ditemui.

“Junjung tinggi adat yang ada di wilayah kalian. Saya sangat senang kalau kita semua turut menjaga adat istiadat di daerah yang kalian tempati,” tegas Pangdam kepada para prajurit di Markas Komando Taktis Yonif 144/JY di Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Senin 5/11/2018 siang tadi.



Mayjen Subiyanto mengatakan, tugas mereka sebagai anggota Satgas Pamtas paling lama hanya setahun. Dengan kondisi yang lebih baik, karena masih bisa berkomunikasi dengan keluarga masing-masing. Ia meminta Prajurit TNI untuk membaur dengan masyarakat di sekitar Pos TNI. “Kita harus bangga karena diberi kepercayaan menjaga perbatasan. Isilah dengan kegiatan yang positif, seperti keagamaan, sosial dan budaya. Tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Para Prajurit Satgas Pamtas 144/JY siap mendengar arahan dari Pangdam VI/Mulawarman di Markas Komando Taktis Yonif 144/JY. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Seraya berterimakasih atas sambutan yang begitu bersemangat  dari para prajurit, Pangdam juga mengingatkan agar terus menjaga jiwa korsa dan menjaga moril. Memelihara hubungan baik dengan sesama prajurit di pos jaga. Agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman. “Untuk menghilangkan rasa bosan, bisa dengan berolahraga,” kata Mayjen Subiyanto yang pernah menjabat Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman periode 2016-2017.

Prajurit juga diminta bisa menjaga citra TNI di mata masyarakat, dan menempatkan diri  dalam bergaul. Termasuk menjaga hubungan baik dengan aparat yang ada di wilayah, baik  Koramil maupun Polsek dan pemerintah setempat. Ia berharap Satgas Pamtas 144/JY segera menempati pos-pos yang belum terisi, di antaranya tujuh pos.

“Berhati-hati dalam menggunakan medsos, jangan sampai menimbulkan hal-hal yang negatif,” pungkas Pangdam sebelum meninjau Pos Pamtas Sungai Cini, Sungai Sangai, Sungai Ikang, Pos Danumbayong, dan Pos Patok 144.

Pangdam disambut dengan ritual adat Dayak Kenyah saat tiba di Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pangdam yang datang dengan menumpang Helly Bell 412 EP HA 5183, disertai tiga Staf Kodam VI/Mulawarman. Yakni, Asisten Operasional Kolonel Infanteri Rudi Saladin, Asisten Teritorial Kolonel Infanteri Setia Kusdiantana, dan Kepala Zeni Kodam Letkol CZI Slamet.

Kedatangan Pangdam dan rombongan disambut Komandan Satgas Yonif 144/JY, Letkol Infanteri Andri Hadiyanto. Hadir pula Sekretaris Kabupaten Mahulu Yohanes Avun, beserta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Mahulu. Camat Long Bagun Yason Liah dan para tokoh masyarakat setempat.



Turut menyambut, Komandan Koramil 0912-03 Long Bagun Mayor Infanteri Suli, Danramil 0912-02 Long Pahangai Mayor Infanteri Monang Panjaitan, dan Danramil 0912-01 Long Apari Mayor Infanteri Suhari. Dari Kepolisian ada Kepala Polsek Long Bagun Iptu Purwanto, dan Waka Polsek Long Bagun Ipda Lapalengo. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here