Hits: 0

Ridwai : “Perjuangan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan”

Ketua Pengadilan Negeri Kutai Barat, Jemmy Tanjung Utama, mengambil sumpah trio pimpinan DPRD Kubar untuk periode 2019-2024 di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kubar, Rabu 18/9/2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Kutai Barat kini dipimpin trio Politisi berbeda dari periode 2014-2019. Jika sebelumnya Jackson John Tawi di kursi Ketua DPRD Kubar, sekarang digantikan Ridwai yang berasal dari partai politik sama, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Politisi yang meraih 2.586 suara pada Pemilihan Legislatif April 2019 lalu, akan memegang palu sidang dengan didampingi dua wakil ketua.



Pengesahan trio pimpinan DPRD Kubar tersebut didasari Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor: 171.2/1.5/B.PPOD.III/2019 tentang Peresmian Pimpinan DPRD Kubar. SK tersebut dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kubar, Rinatang. Dalam Rapat Paripurna Istimewa I Masa Sidang III Tahun 2019 dengan acara Pengucapan Sumpah/Janji Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Kutai Barat Masa Jabatan 2019-2024.

Mereka yang ditetapkan sebagai pimpinan untuk periode tahun 2019-2024 adalah;

Nama Partai Politik Suara Partai Suara Pribadi Jabatan
Ridwai, SH PDI Perjuangan 23.115 2.586 Ketua
H. Ahmad Syaiful, SH Partai Golkar 12.898 6.013 Wakil Ketua I
H. Aula Partai Hanura 10.916 2.094 Wakil Ketua II

Hal itu didasari Undang Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3. Imbas dari peringkat perolehan suara PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 di Kubar dengan 23.115 suara dan berhak atas enam kursi DPRD Kubar. Diikuti Partai Golkar yang meraih 12.898 suara dengan jatah tiga kursi, dan Partai Hati Nurani Rakyat yang juga mendapat tiga kursi dari hasil 10.916 suara.

Ridwai menerima palu sidang dari Jackson John Tawi yang merupakan Ketua DPRD Kubar di periode 2014-2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pengucapan Sumpah/Janji Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Kutai Barat Masa Jabatan 2019-2024 dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kubar, Jemmy Tanjung Utama. Dengan disaksikan 23 Anggota DPRD Kubar, dihadiri juga Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan. Ada juga Kabag Perencanaan Polres Kubar Kompol Kasdi, Kepala Perwakilan TNI AU Lanud Balikpapan di Kubar Kapten Hartanto, Pasi Ops Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Haryadi dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Kubar.

Pada acara yang dilaksanakan Rabu 18/9/2019 itu, Ridwai mengakui tugas dan fungsi anggota DPRD tidaklah mudah. Namun dituntut untuk memperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat. “Perjuangan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu bijak dan cerdas menyikapi,” katanya di ruang paripurna yang juga dihadiri sekitar 50 tamu.

Momen perdana bagi Ridwai menjadi Pimpinan DPRD Kubar dan duduk di kursi Ketua DPRD Kubar bersama H Ahmad Syaiful dan H Aula sebagai Wakil Ketua. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ridwai yang pernah menjabat Ketua Komisi A DPRD Kubar di periode 2014-2019, berharap pertolongan TUHAN dalam melaksanakan tugas. Ia optimis, tugas yang tadinya berat akan menjadi ringan. Ia mengajak seluruh anggota dewan dan masyarakat dengan kebersamaan turut membangun daerah tanpa kedepankan kepentingan kelompok atau golongan.

Menurutnya, untuk membangun Kubar, masih banyak ‘Pekerjaan Rumah’ yang harus dituntaskan. Berhasilnya pembangunan daerah tidak lepas dari kerja sama dan perjuangan di segala bidang. “Mari membangun daerah agar hari esok lebih baik daripada hari ini. Jadi program yang sudah baik jadi lebih baik. Kita harus tetap beri motivasi untuk tumbuhkan kesadaran masyarakat atas hak dan kewajiban,” jelasnya.



Sementara itu, Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan berterimakasih atas kinerja Pimpinan Sementara DPRD Kubar yang telah bekerja keras. Yakni Jackson John Tawi dan HM Zainuddin Thaib. “Masih banyak program yang harus dilaksanakan pemerintah. Kami berharap dewan dan pemerintah dapat bekerjasama melaksanakan visi yang sudah disusun pemerintah,” katanya saat menyampaikan sambutan Bupati Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here