Hits: 1

Bupati Kubar: Tahun Ini Merupakan KKN Terbaik dan Sukses

Bupati Kutai Barat FX Yapan, memberikan cinderamata selendang khas Kubar kepada Perwakilan Universitas Mulawarman, Supadi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tugas Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh 142 Mahasiswa Universitas Mulawarman di wilayah Kabupaten Kutai Barat telah tuntas. Hari ini mereka dilepas untuk kembali ke bangku perkuliahan yang dimulai pekan ini. Setelah bertugas selama 45 hari di 14 kampung dalam 5 kecamatan, mereka diharapkan mendapat tambahan wawasan pengetahuan dan disiplin ilmunya.

Saat melepas para mahasiswa, Bupati Kutai Barat FX Yapan berharap karya selama KKN dapat berdaya guna untuk kemajuan Kubar. Mahasiswa juga diharap dapat memahami pentingnya tujuan KKN. Dan segala sesuatu yang ditemui dapat memperkaya ranah budaya dan sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan dispiln ilmu.

“Tahun ini merupakan KKN yang terbaik dan sukses,” katanya dalam Pelepasan Mahasiswa KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Reguler Mandiri angkatan ke-44 Unmul Samarinda Tahun 2018 di ruang Aji Tulur Jejangkat, Senin 20/8/2018.



Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Faustinus Syaidirahman, KKN merupakan hal yang baik untuk mengeratka sinergitas mahasiswa dengan masyarakat. KKN dinilai sebagai satu wujud pengabdian dan menjadi bentuk pembelajaran teori. Dengan selesainya KKN, mahasiswa lebih meningkatkan sosial diri dan peran sosial kemasyarakatan. Serta mengambil pengalaman yang berharga agar menjadi pribadi yang lebih baik.

“Terima kasih dalam masa KKN telah memberikan ide, saran dan kerja nyata bagi kampung-kampung. Sungguh memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dalam perkembangan masa depan,” katanya dalam laporan sebagai Ketua Panitia.

Pelepasan 142 Mahasiswa Universitas Mulawarman yang telah menuntaskan tugas Kuliah Kerja Nyata di 14 kampung dalam 5 kecamatan , dihadiri juga Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan di Aula Aji Tulur Jejangkat, Senin 20/8/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Unmul, Supadi mengatakan, visi dan misi Unmul untuk meningkatkan status menjadi universitas berstandar nasional. Dan saat ini Unmul telah meraih akreditasi A. “Selamat sudah selesai melaksanakan KKN. Agar bisa mengimplementasikan dalam keluarga dan masyarakat, serta berguna bagi nusa dan bangsa.  Karena kalian adalah generasi penerus,” ucap pria yang menjadi Perwakilan Unmul itu.

Sebelumnya diberitakan, 155 Mahasiswa Unmul disebar di 14 kampung dalam 5 kecamatan lokasi sasaran pelaksanaan KKN. Yakni di Kampung Sumber Sari, Engkuni Pasek, Pepas Eheng dalam Kecamatan Barong Tongkok. Kemudian di Kampung Besiq, Mantar, Keay dan kampung Sempatn Kelauq di Kecamatan Damai. Lalu di Kampung Tende, Tukuq dan Randa Empas dalam Kecamatan Bentian Besar. Dan untuk Kecamatan Muara Lawa di Kampung Banggeris, Lambing serta Cempedas. Terakhir di Kampung Linggang Mapan untuk wilayah Kecamatan Linggang Bigung.



Para mahasiswa akan mengabdi langsung di tengah masyarakat sejak 2 Juli sampai dengan 20 Agustus 2018. Mereka terdiri dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 33 orang, Fakultas Kehutanan (13), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (33), Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan (18), Fakultas Matematika dan Ipa (7), Fakultas Kesehatan Masyarakat (4), Fakultas Ilmu Budaya (18), Fakultas Pertanian (15), Fakultas Teknik (6), serta Fakultas Ilmu Komputer dan Teknik Informasi (8).

Dari jumlah 155 orang itu, adalah 79 laki-laki dan 76 perempuan. Selama 1,5 bulan, pemerintah berharap mahasiswa dapat berperan aktif mengimplementasikan tema KKN tahun 2018. Yakni Peningkatan Peranan Universitas Mulawarman dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa menuju Kemandirian Desa.

Pemkab Kubar berharap mereka dapat membantu program pemerintah. Dan bersinergi dengan pemerintah kampung atau desa. Agar menyukseskan Program Prioritas Pembangunan Pedesaan/Kampung yang telah dicanangkan pemerintah. “KKN ini merupakan wujud nyata praktek langsung pengabdian di masyarakat untuk  mengaplikasikan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah,” ujar Faustinus Syaidirahman, saat penerimaan mahasiswa di Auditorium Aji Tullur Jejangkat, Kantor Bupati Kutai Barat, Senin 2/7/2018 lalu. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here