Hits: 6

PKK diminta berinisiatif tanpa harus menunggu instruksi dari TP-PKK Kabupaten

Para pemenang Lomba Tertib Administrasi dan Lingkungan Bersih Dan Sehat bersama Tim Penilai. DEDHY A/KABARKUBAR.COM

LONG IRAM – KABARKUBAR.COM

Enam Kelompok Dasawisma dan Tiga Rukun Tetangga di Kampung Anah, Kecamatan Long Iram, mengikuti Lomba Tertib Administrasi dan Lomba Lingkungan Bersih Dan Sehat. Lomba yang digelar selama dua hari itu, ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran warga setempat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Lomba yang digelar pada Senin dan Selasa, 23-24 Agustus 2021 itu dilaksanakan berdasarkan inisiatif Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP-PKK Kampung Anah, Komala Sari. Dibuka oleh Kepala Kampung atau Petinggi Anah, Eduwin.

Sedangkan tim penilai atau tim juri adalah Margaretha Rampan selaku Sekretaris I TP-PKK Kabupaten Kutai Barat. Ditambah Ketua TP-PKK Kecamatan Long Iram, serta Komandan Koramil 0912-04 Long Iram, Kapten Infanteri Sudarsono.

Sebelumnya, pembukaan lomba dihadiri oleh TP-PKK Kabupaten Kutai Barat, Sekretaris Kecamatan Long Iram Bakarudin, dan Danramil 0912-04 Long Iram. Hadir juga Ketua TP-PKK Kecamatan Long Iram, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Long Iram serta masyarakat Kampung Anah. Pembukaan dan selama pelaksanaan lomba dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai intruksi pemerintah.

Menurut Komala Sari, tujuan dilaksanakan lomba ialah guna pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan yang bersih dan sehat. “Serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” katanya kepada KabarKubar.

Soal kriteria penilaian lomba, dilihat dari beberapa hal. Antara lain, kelengkapan administrasi administrasi warga yang bergotong-royong, jamban keluarga dan air bersih. Termasuk pengelolaan sampah rumah tangga serta program kesehatan lingkungan dan kebersihan lingkungan rumah.

“Dinilai juga saluran pembuangan air limbah rumah tangga. Karena ini masa pandemi, juga dilihat dari tersedianya sarana untuk cuci tangan. Baik di tempat-tempat umum atau di setiap rumah,” jelasnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat, Yayuk Seri Rahayu, menyerahkan piala dan hadiah bagi Pemenang Lomba LBS yang digelar TP-PKK Kampung Anah. DEDHY A/KABARKUBAR.COM

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu. Terutama PKK Kecamatan Long Iram dan PKK Kabupaten, telah bersedia hadir dan membantu, juga memberikan arahan kepada kami,” imbuhnya.

Saat acara penutupan lomba oleh Ketua TP PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan, diumumkan hasilnya. Kelompok Dasawisma 6 sebagai Juara I Lomba Tertib Administrasi, Kelompok Dasawisma 1 meraih Juara II dan Kelompok Dasawisma 4 sebagai Juara III.

Disusul Juara Harapan I dimenangkan oleh Kelompok Dasawisma 5, dan Kelompok Dasawisma 3 sebagai Juara Harapan II. Sedangkan Kelompok Dasawisma 2 tidak mengikuti lomba. Untuk ketegori Lomba Lingkungan Bersih, Pemenangnya adalah RT 3. Sedangkan Juara II jatuh kepada RT 2, dan Juara III diraih RT 1.

Yayuk selaku Ketua PKK Kubar, berharap agar kegiatan PKK baik tingkat kampung atau kecamatan terus berjalan. PKK diminta berinisiatif tanpa harus menunggu instruksi dari TP-PKK Kabupaten. “Saya kembali mengingatkan, agar Tim PKK selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pendemi seperti sekarang ini,” katanya saat penutupan lomba pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Ia juga berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi contoh untuk Tim Penggerak PKK lainnya. Tidak hanya di Kampung Anah, tapi juga di kampung-kampung lainnya. Ia berterimakasih untuk kerja sama dan dedikasi Pengurus TP-PKK Kampung Anah melalui program yang berdampak langsung bagi kesejahteraan keluarga.

“Selamat kepada para pemenang lomba, terus berkarya untuk hari esok Kutai Barat yang lebih baik,” ucapnya sebelum menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. #Dedhy A

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here