Wabup Minta Masyarakat Mahulu Tetap Waspada Pasca Gempa Guncang Bumi Urip Kerimaan

400 views

Gempa 4,6 Skala Ritcher Getarkan Mahulu Selasa Siang

Wakil Bupati Mahakam Ulu, Drs Yohanes Avun, M.Si ( Istimewa )

 

KABARKUBAR.COM- SENDAWAR,
Wakil Bupati Mahakam Ulu, Yohanes Avun mengaku kaget terkait terjadinya peristiwa gempa bumi di mahakam ulu, bahwa ternyata di kalimantan khusus di kabupaten mahulu ini ada juga potensi gempa.
Tidak ada korban jiwa dan kerusakan rumah atau fasilitas lainnya, dalam peristiwa gempa bumi yang berkekuatan 4,6 skala ritcher.
Dengan kejadian ini wakil Bupati Mahakam Ulu tersebut mengajak masyarakat  harus berhati-hati dan selalu waspada, dimana tidak ada di dunia ini yang betul – betul bebas dari gempa ataupun bencana alam lainnya.
“Kepada masyarakat supaya tetap tenang, tidak panik, dan jangan buat isu – isu yang membuat kepanikan, yang justru dapat merugikan dan kegaduhan dalam masyarakat. Namun, sekali lagi, tetap waspada setiap saat terhadap ancaman gempa dan bencana alam lainnya,” pesan Yohanes Avun pada Rabu 21 Juni 2023
Kabupaten Mahakam Ulu dikagetkan dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi pada Selasa 20/06/2023, pukul 13.43.37, Pusat titik gempa berada di Kecamatan Long Hubung pada kedalaman 10 kilometer. Kejadian yang sontak membuat masyarakat berlarian keluar dari ruangan.
Dilansir dari laman BMKG, Jenis dan mekanisme gempa bumi di Kabupaten Mahakam Ulu, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kerak dangkal akibat proses deformasi di batuan.
Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mahulu dan Samarinda dengan intensitas III MMI ,Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
Dari catatan hasil monitoring BMKG, gempa di Mahulu saat ini bukan kali pertama. Gempa serupa dengan kekuatan yang lebih besar pun pernah terjadi pada 1915 silam.
Di Kaltim, penyebab gempa bumi yang sering terjadi berasal dari patahan Mangkalihat yang memanjang dari sekitar kawasan Biduk-Biduk sampai ke arah Barat. Panjang sesar itu mencapai 100 hingga 110 Km.# Kamelius 

Komentar

comments