Hits: 0

Kasdim : Bentuk Mentalitas Kejuangan & Jiwa Nasionalisme

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Komando Distrik Militer 0912 Kutai Barat menggelar acara lomba bidang pembinaan mental Paduan Suara di Aula Pierre Tendean Makodim, Rabu 2/8/2017. Kegiatan rutin tersebut, dilaksanakan dalam rangka serbuan teritorial.

Acara yang dipandu oleh Diana Susilowati, Pegawai Negeri Sipil dari Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Kubar itu bernuaNsa semangat perjuangan. Peserta Paduan suara, yakni SMA Negeri 1 Sendawar, SMA Negeri 2 Sendawar, SMA Negeri 3 Sendawar, SMK Negeri 1 Kubar, SMK Kesehatan, MTs Kubar serta dari Pondok Pesantren Assalam.


Komandan Kodim 0912/Kubar, Letkol Infanteri Hendriawan Senjaya mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan kembali mentalitas kejuangan. Juga jiwa nasionalisme bagi generasi muda. Rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme yang tangguh harus terus ditanamkan.

“Di era globalisasi ini, kita dihadapi oleh ancaman degradasi mental masyarakat, apalagi di kalangan generasi muda. Hal itu ditandai dengan penyalahgunaan narkoba, penyalahgunaan media sosial yang merusak mental generasi muda,” ujar Dandim melalui Kepala Staf Kodim 0912/Kubar, Mayor Infanteri Wahyudi didampingi Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Sarno.

Sasaran dari lomba Paduan Suara, terang Wahyudi, mewujudkan rasa cinta berbangsa dan bernegara. Untuk itu, perlu ditanamkan jiwa nasionalisme serta rasa kecintaan terhadap Pahlawan, termasuk rasa kecintaan terhadap lagu-lagu perjuangan.

“Salah satunya dengan paduan suara bertemakan lagu-lagu perjuangan ini. Agar para generasi muda lebih menanamkan dalam dirinya rasa kecintaannya terhadap Pahlawan dan lagu- lagu nasional,” terang Lulusan SEPA TNI tahun 1998 itu.

Group paduan suara terdiri dari 10-15 siswa. Setiap group paduan suara dipimpin oleh seorang dirgen. Setiap group menyanyikan sebanyak 2 lagu, yakni lagu wajib berjudul Indonesia Pusaka serta 1 lagu pilihan yakni lagu kebangsaan. Sebagai penilai, ada Dewan Juri yang beranggotakan 3 orang tenaga pendidik. Diantaranya, Samba dari SMP Negeri 2 Kubar, Agustinus dari SD Negeri 01 Barong Tongkok dan Tajudin juga dari SD Negeri 01 Barong Tongkok.

“Kita berharap, setiap siswa ingat dan faham lagu-lagu Kebangsaan Nasional. Ini merupakan bentuk kecintaan kita terhadap nilai-nilai Kepahlawanan,” harapnya.

Juara I Perlombaan Paduan Suara tersebut diraih SMA Negeri 1 Sendawar, dengan nilai 1.276. Juara kedua diraih SMA Negeri 2 Sendawar dengan nilai 1.232 dan Peringkat ketiga yaitu SMA Negeri 3 Sendawar dengan peraihan nilai 1.207. Kepada masing-masing juara diberikan Piala, Piagam Penghargaan serta uang Pembinaan.
Reyber Benhouser Simorangkir


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here