Hits: 18

Kejuaraan Nasional Balap Motor Region IV Seri VI 2005

Kejuaraan Nasional Balap Motor Region IV Seri VI 2005 diikuti pembalap kawakan dari Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM

Jamrud Junior dari Melak, Kabupaten Kutai Barat, kembali membuat kagum para pecinta dan pengamat  Road Race di Sirkuit Non Permanen Kubar. Mengandalkan pembalapnya, Yogi Crista Wijaya, yang masih muda belia berusia 13 tahun. Bahkan tumit kakinya belum rata menyentuh tanah saat di grid start.

Tubuh yang terbilang kecil dan ringan membuat Yogi bagaikan terbang di trek lurus atau straight track yang menjadi keunggulannya. Melewati pembalap-pembalap unggulan dari Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, menimbulkan tepuk tangan meriah dari para penonton. Itu terdengar setiap kali melintas di garis start, tempat yang paling banyak diisi penonton.

Yogi yang adalah pembalap tuan rumah, keluar sebagai juara umum dengan poin 50. Ia berhak atas hadiah motor Kawasaki Blitz Joy di samping dua piala dan uang pembinaan karena memimpin di kelas E dan F.

Adi Wijaya, ayah Yogi yang juga bertindak sebagai manager tim mengatakan, kepuasannya atas prestasi Yogi. Yang dalam 10 kejuaraan sebelumnya sudah mendapatkan sembilan predikat juara. “Daripada ngebut di jalanan, lebih baik disalurkan di ajang seperti ini. Saya mendukung kemauan Yogi untuk mencapai prestasi terbaik walaupun baru dimulai sejak 2004 lalu ,” ujarnya kepada EKSTREM.

Fitriansyah Kete dari Serba Motor Samarinda juga mengundang decak kagum dengan aksinya di Race 2 kelas C (bebek 110 cc 4 langkah Tune Up Seeded). Sempat terjatuh dua kali, masih dapat mengejar posisi tiga yang sejak start memimpin di posisi pertama Kejuaraan Nasional Balap Motor Region IV Seri VI 2005.

Walaupun akhirnya masalah engine membuatnya harus mendorong motornya menuju garis akhir di lap 12 di kelas I (bebek 125 cc 4 langkah Tune Up). Kete selalu memimpin jauh meninggalkan lawan-lawannya yang mencoba mengejar. Mereka pun hanya mampu finish 5 detik di belakangnya.

Fitriansyah Kete memperoleh motor Kawasaki ZX 130 sebagai juara umum dengan poin 36 yang juga menggondol dua piala dan sejumlah uang pembinaan sebagai juara di kelas C da D.

Yogi Crista Wijaya, pembalap Kubar yang berprestasi di Kejuaraan Nasional Balap Motor Region IV Seri VI 2005 ini bersiap menerima hadiah. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Di semifinal Race 17 kelas E, M Junaidi pembalap Sumber Baru Motor Bontang membuat atraksi menarik di lap 12. Dengan menyalip ke posisi kedua setelah hanya berada di posisi lima dan enam pada lap-lap awal.

Rudi Salim pembalap Bulungan sebagai orang lama di dunia balap motor menunjukkan kualitasnya. Ia merajai kelas G (bebek 118-125 cc 2 langkah standar lokal Kaltim) yang diminati juara-juara seperti Reza Damang.

Selama 30 menit yang diberikan tim juri untuk protes masing-masing tim dari hasil sementara kejuaraan yang dibacakan berlalu tanpa bantahan. Khususnya untuk peringkat juara setelah selesai race ke 28 sebagai race terakhir kejuaraan. Protes tidak disampaikan pihak manapun hingga hasil yang sudah dibacakan tersebut ditetapkan sah.

Berikut hasil akhir perlombaan :

   Kelas            : A (Bebek 110 cc 2 Langkah Standar Pemula)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 74 Jerry Padang Setiawan Kaltim Yamaha
2 90 M.Junaidi Kaltim Yamaha
3 127 Ainur Fajri Kaltim Yamaha
4 27 H . Dhani HB Kalsel Yamaha
5 52 Donny Rachmanto Kaltim Yamaha

     Kelas          : B (Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula)   

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 40 Benny Bungai Novendi Kaltim Suzuki
2 27 H.Dhani HB Kalsel Yamaha
3 100 Darwin Kaltim Suzuki
4 139 Soebianto Kaltim Suzuki
5 88 Sulaiman Ismail Kaltim Suzuki

   Kelas            : C (Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Seeded)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 8 Nuzul Rahman Kaltim Suzuki
2 2 Rudy S Salim Kaltim Suzuki
3 55 H.M Rihan’s Variza Kalsel Yamaha
4 7 Fakhrurozi Kalsel Suzuki
5 93 Fitriansyah Kete Kaltim Yamaha

   Kelas            : D (Bebek 110 cc 2 Langkah Tune Up)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 93 Fitriansyah Kete Kaltim Yamaha
2 45 A . Noval Kalsel Suzuki
3 15 Reza Damang Kaltim Yamaha
4 9 Iroel K Kalsel Suzuki
5 2 Rudy S Salim Kaltim Yamaha

   Kelas            : E (Bebek 110 cc 2 Langkah Standar Pemula Lokal Kaltim)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 103 Yogi Crista Wijaya Kubar Yamaha
2 127 Ainur Fajri Samarinda Yamaha
3 74 Jerry Padang Setiawan Samarinda Yamaha
4 90 M . Junaidi Bontang Yamaha
5 39 Rendy  Salim Bulungan Yamaha

   Kelas            : F (Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula Lokal Kaltim)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 103 Yogi Crista Wijaya Kubar Suzuki
2 40 Benny Bungai Novendi Kukar Suzuki
3 39 Rendy Salim Bulungan Suzuki
4 127 Ainur Fajri Samarinda Suzuki
5 101 Sutrisno Samarinda Suzuki

  
 Kelas : G (Bebek 118-125 cc 2 Langkah Standar Lokal Kaltim)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 2 Rudi S Salim Bulungan Suzuki
2 136 Andry Hendrata Samarinda Suzuki
3 146 Rain Doni Kubar Yamaha
4 15 Reza Damang Samarinda Suzuki
5 129 Ignasius Daniel Kubar Suzuki

   Kelas            : H (Bebek 118-125 cc 2 Langkah Standar Open)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 39 Rendi Salim Kaltim Suzuki
2 15 Reza Damang Kaltim Suzuki
3 84 Heru Tegsa Kaltim Suzuki
4 42 Absar Kaltim Suzuki
5 129 Ignasius Daniel Kaltim Suzuki

   Kelas            : I (Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up)

Juara No. Start Nama Peserta Asal Peserta Kendaraan
1 93 Fitriansyah Kete Kaltim Yamaha
2 56 H.M. Rihan’s Variza Kalsel Yamaha
3 9 Iroel K Kalsel Suzuki
4 50 Berlin Simamora Kaltim Yamaha

 

Para juara di kejuaraan ini berhak untuk berlaga di pentas yang lebih bergengsi pada kejuaraan Balap Motor Nasional, Sentul 2005.

Para pengurus Ikatan Motor Indonesia pusat maupun daerah menyatakan kepuasannya akan hasil perlombaan dan tertibnya para penonton di sirkuit ini. Juga karena tidak ada insiden serius pada pembalap. Meski dua pembalap tuan rumah, Darwin (100) dan Rain Doni (146), terpincang-pincang saat menuju panggung untuk menerima piala. Sebab terjatuh pada waktu menikung di 40 meter akhir lap, race yang mereka ikuti.

Sekretaris IMI Pusat, Rendra Rahman mengatakan, Pengurus Sendawar Racing Team (SRT) sebagai Panitia Pelaksana Kejuaraan. SRT bekersama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan LA Light sebagai sponsor utama. Didampingi PT Semoga Jaya, Happy Motorcycle dan Perusahaan Penerbangan Bintang Sendawar. “Kami telah menerima secara resmi SRT sebagai anggota resmi IMI,” ujarnya.

 Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Barat, Yustinus Kepang, berharap Kubar bisa membangun sebuah sirkuit permanen. Untuk dapat melaksanakan kejuaraan yang lebih besar lagi. Sekaligus tempat mengasah bakat-bakat pembalap di daerah ini.

Harapan itu bukan hal yang muluk-muluk dengan prestasi pembalap yang sudah dapat berbicara di tingkat Nasional. “Pemerintah sangat memperhatikan aspirasi rakyat serta sumber daya alam Kubar mendukung,” ujarnya membacakan sambutan Bupati Kubar, Rama Alexander Asia, saat menutup secara resmi kejuaraan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here