Gelar RAT, KSP Sempekat Sempawat Bukukan SHU Puluhan Juta.

181 views

Berdiri Sejak Tahun 2010, Miliki Omzet Miliaran Rupiah.

Foto Bersama Pembina, Pengurus dan Anggota KSP Sempekat Sempawat Saat RAT Yang Digelar Di Hotel Sidodadi ( Istimewa )

KABARKUBAR.C0M – SENDAWAR

Koperasi Simpan Pinjam ( KSP)Sempekat Sempawat menggelar Rapat Anggota Tahun ( RAT) buku 2023. RAT Koperasi yang didirikan tahun 2010 dibawah binaan PT.Pama Persada Nusantara bergerak di bidang simpan pinjam tersebut di gelar di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Kabupaten Kutai Barat, Rabu 6 Maret 2024.

Manajer KSP Sempekat Sempawat, Masurung menyampaikan laporan pertanggungjawaban bahwa tiga tahun terakhir pertumbuhan koperasi terus mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari pertumbuhan aset dan keuntungan bersih yang didapat koperasi  atau sisa hasil usaha ( SHU) yang setiap tahun  terus meningkat.

“Semua ini karena tingkat partisipasi teman-teman anggota koperasi yang disiplin dalam melakukan transaksi dan pengembalian pinjaman,” ungkap Masurung.

Tahun Buku 2023 ini aset KSP Sempekat Sempawat mencapai Rp 2,98 miliar serta mendapatkan SHU sebesar 44,3 juta rupiah.Aset koperasi Sempekat Sempawat naik jika dibandingkan tahun 2022 lalu sebesar Rp. 2,6 miliar.

Masurung menambahkan hal ini merupakan suatu pertumbuhan yang positif bagi perkembangan koperasi. Pada tahun 2023 koperasi juga melakukan pembinaan dan pendampingan anggota melalui empat kegiatan pelatihan online dengan tema kewirausahaan.

Menurutnya, harapannya melalui pelatihan ini anggota koperasi dan masyarakat kutai barat bisa sama sama mengelola dan mengembangkan usaha agar menjadi lebih baik lagi.

Pada tahun 2024, Pengurus Koperasi berharap partisipasi anggota menjadi lebih disiplin dan lebih semangat lagi dalam mengembangkan dan mengelola usaha dan lebih aktif lagi bersama koperasi untuk mengembangkan usaha simpan pinjam ini agar semakin besar.

” Untuk mencapai tujuan tersebut tahun buku 2024, kami telah menyiapkan program penyaluran pinjaman Rp. 1,750 miliar dan akan melakukan empat Kegiatan pelatihan kewirausahaan  dan pendampingan UKM,” pungkasnya,Jumat 8 Maret 2024.

Pengurus KSP Sempekat Sempawat serahkan cinderamata kepada Anggota KSP ( Istimewa )

Sementara itu, selaku Pembina koperasi  Penanggung Jawab Operasional ( PJO) PT. PAMA Saptodewo melalui Departemen Head Plant Mujianto mengatakan  salah satu keberhasilan dari KSP Sempekat Sempawat, adalah keaktifan para pengurus dalam mensosialisasikan program dari koperasi yang benar-benar sehat dan bermanfaat serta koperasi ini sangat eksis dengan program- program yang sangat jelas.

Sebagai nilai tambah dari koperasi ini ialah program programnya berjalan dan pembinaan ke anggota terus dilakukan, disinilah nilai intinya yang mereka ( Anggota ) dapat.

” Sebagai pembina kami apresiasi dalam tiga tahun terakhir aset koperasi terus meningkat, kami selalu mensupport agar koperasi ini terus berkembang dan kedepannya kami berharap tidak hanya bergerak di simpan pinjam akan tetapi bisa meluas ke usaha yg lain,” harapnya.

Ditambahkannya, Perkembangan dan pertumbuhan Koperasi Sempekat Sempawat ini juga diharapkan berbanding lurus dengan kesejahteraan dan usaha para anggotanya sehingga azas koperasi dari dan untuk anggota dirasakan manfaatnya, hal ini sejalan dengan program pengembangan masyarakat jika suatu saat dunia tambang tidak lagi beroperasi masyarakat sudah bisa mandiri.

Dan Pilar Program CSR peningkatan Ekonomi masyarakat terimplementasi dengan baik bagaimana masyarakat berdaya upaya dengan memaksimalkan wadah Koperasi sehingga kedepannya akan tercipta juga ekosistem usaha antar anggota.

Lebih lanjut Mujianto mengungkapkan Ibu Kota Negara ( IKN) sudah didepan mata, Kutai Barat akan menjadi penyangga IKN alangkah baiknya para pengurus dan anggota lebih pro aktif dalam mengembangkan koperasi terutama sekarang ini sudah jaman digitalisasi.

” Nantinya anggota bisa dibina, diarahkan ke penjualan online agar UMKM dalam mengolah produk produk kerajinan lokal Kubar ini  bisa lebih banyak diminati melalui penjualan online. Saya berharap kedepan koperasi ini agar bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional,”ucapnya.

RAT Diwarnai Acara Hiburan Berupa Pengundian Doorprize ( Istimewa )

Apresiasi juga disampaikan, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat diwakili Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Disperindagkop dan UKM) melalui Pengawas Koperasi Kabupaten Sudarto menyampaikan RAT KSP Sempekat Sempawat memang seharusnya dilakukan setiap tahun agar keadaan keuangan koperasi lebih transparan kepada anggotanya

Sudarto juga menjelaskan apabila nanti koperasi ini mau membuka cabang baru diluar dari simpan pinjam koperasi harus merubah anggaran dasar ( AD)  terhadap usaha yang mau dijalankan koperasi tersebut. Mengingat AD dalam aturan itu kalau bergerak  simpan pinjam, Ya hanya sebatas itu aja izinnya.

“Saya Apresiasi Pengurus KSP Sempekat Sempawat  saat ini sudah sangat solid, ini nampak dari omzetnya yang meningkat, kedepannya diharapkan menjadi koperasi yang sehat karena sudah bisa dilihat manfaatnya dan bisa dirasakan oleh anggotanya,” tutupnya.

KSP Sempekat Sempawat yang miliki kantor di jalan Paulus Doy Lambeng, Kelurahan Simpang Raya RT.02 Kecamatan Barong Tongkok,Kutai Barat tersebut memiliki 5 Produk unggulan yang terus di kembangkan seperti, Produk Simpanan, Tabungan Sempekat, Pembiayaan Modal Usaha, kemudian Pendampingan dan Pembinaan UMKM, serta Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM.# Jerry

 

 

Komentar

comments