Peduli Kelestarian Adat Dan Budaya, Frederick Edwin Berikan Bantuan Satu Ekor Kerbau Untuk Acara Gugu Tautn di Kinong

145 views

Puncak Acara Beliatn Gugu Tautn 

Pemotongan Kerbau Puncak Acara Beliatn Gugu Tautn di Kinong Jengan Danum. ( Kornelius )

 

SENDAWAR – KABARKUBAR.COM

Masyarakat Adat Dayak Tunjung Benuaq yang berada Kinong RT 007 Kampung Jengan Danum Kecamatan Damai beberapa waktu lalu menggelar acara Adat Beliatn Gugu Tautn, puncaknya acara digelar pemotongan hewan berupa satu ekor kerbau,Rabu 13 September 2023.

Kepala Adat Kampung Jengan Danum, Suparto Mingku mengatakan acara adat Beliatn Gugu Tautn adalah ritual adat Dayak Tunjung Benuaq yang di digelar sebagai bagian dari upaya untuk membersihkan kampung atau tolak bala melalui ritual adat.

“Acara ini adalah wujud doa kita kepada sang maha kuasa untuk membersihkan kampung dari wabah sakit penyakit, menjauhkan marabahaya dan kecelakaan yang sering terjadi dijalan raya,” ungkap Suparto Mingku kepada media ini.

Bahkan menurut pria yang akrab disapa Mingku tersebut doa – doa yang disampaikan tidak hanya untuk Kampung Jengan Danum tapi juga untuk Kabupaten Kutai Barat.

Suparto Mingku juga menyampaikan terima kasih sebesar – besarnya kepada tokoh muda Kutai Barat Frederick Edwin yang telah banyak membantu acara adat beliatn gugu tautn, termasuk memberikan bantuan satu ekor kerbau putih.

Perwakilan Keluarga Frederick Edwin, DPP TGM, Petinggi Jengan Danum, Kepala Adat dan Relawan. ( Kornelius )

Dalam acara puncak beliatn gugu tautn yang dilakukan dengan pemotongan kerbau putih ini, panitia acara mengundang tokoh muda Kutai Barat, Frederick Edwin bersama Dewan Pengurus Pusat Taruna Gharda Mandiri dan Komunitas Putri Ringgeng.

Mantan Anggota DPRD Kutai Barat, Bartolomeus Iku yang didaulat sebagai perwakilan keluarga besar Frederick Edwin mengatakan sebagai orang Dayak kita wajib bersama – sama menjaga kelestarian adat dan budaya.

“Saya salut dengan Frederick Edwin ini, yang peduli dengan kelestarian adat dan budaya kita,” ungkap Bartolomeus Iku.

Lebih lanjut Pria yang pernah menjadi anggota DPRD Kubar dari dua partai berbeda tersebut menuturkan komitmen tokoh muda kubar tersebut terkait hal tersebut tidak diragukan lagi sebab dalam visi dan misi Frederick Edwin jelas tertuang upaya mendukung penuh pelestarian adat dan budaya.

Turut hadir dalam acara puncak tersebut, Ketua Umum DPP TGM, Alsiyus, Bacaleg DPRD Provinsi Arkadius Elly, Petinggi Jengan Danum, Kabak, Pengurus dan anggota TGM, serta Relawan Frederick Edwin.#Kornelius 

Komentar

comments