Hits: 0

Ajak Perangi Karakter Mengeluh Serta Pemalas

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Praja Muda Karana di Kabupaten Kutai Barat diminta bersiap diri menangkal paham yang bertentangan dengan Pancasila. Dimulai dari lingkungan masing-masing, dan kelompok Pramuka yang dibentuk di tiap tingkatan. Jika menemukan gerakan eksrimis, Pramuka diminta menginformasikan pada pihak berwajib.



“Saya tegaskan kepada Ketua Ranting, jika ada indikasi radikalisme, agar segera melapor ke pihak berwajib. Dan harapan saya, agar Pramuka ke depan siap memerangi radikalisme,” pesan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kubar, Yakobus Yamon, saat menutup Gempita Scout Challenge Camp (GSCC) II Tahun 2019, Sabtu 12/10/2019 di Taman Budaya Sendawar.

Yakobus Yamon menegaskan, akhir-akhir ini sering muncul paham yang mengarah radikalisme. Sedangkan Pramuka adalah perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengedepankan pendidikan karakter. “Oleh sebab itu, saya tidak mau ada perbedaan paham di Pramuka. Kalian generasi penerus Kubar dan Bangsa Indonesia, mari menjadi generasi yang berkualitas dan siap dalam segala hal,” katanya.

Ia berharap anggota bangga dengan Pramuka dan dapat memersiapan diri mulai dari sekarang. Yaitu Pembina Pendamping dari Gugus Depan, agar dapat terus membentuk karakter yang mampu, siap dan jauh dari karakter pengeluh. “Perangilah karakter pengeluh, yakni pemalas yang tidak bisa melakukan hal yang baik,” pesannya kepada seluruh anggota Pramuka yang hadir.

Soal GSCC sudah  dilaksanakan dua kali. Pertama di Kecamatan Linggang Bigung dan kedua kalinya di TBS, Kecamatan Barong Tongkok selama empat hari, 9-12 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti seluruh Kwartir Ranting Kecamatan dengan berbagai lomba yang telah dilaksanakan. Antara lain, Lomba Fashion Show, Menggambar, Pentas Seni, Lomba Bercerita, Yel-Yel, Mading 3 Dimensi, Maket, LKBB, Joget Komando, Scout Intelegent dan Karnaval.

Yakobus mengimbau peserta dapat berbagi pengalaman kepada yang belum sempat hadir di GSCC kali ini. Sebab banyak pengalaman dan teman baru yang didapat. Bisa berbagi pengalaman dan menambah kawan. “Semakin banyak sahabat maka akan semakin banyak rejeki. Selamat kembali ke tempat masing-masing dan semoga selamat sampai tujuan. Sampai berjumpa kembali pada Gempita ke 3 tahun depan,” tutupnya.

Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana, Herti Desianti, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pertemuan bagi Pramuka Siaga, Penggalang Penegak dan Pramuka Pandega se-Kubar. Guna mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, produktif dan gembira dalam bentuk perkemahan.



Serta membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka. Juga memberikan kemampuan untuk mandiri dan tangguh dalam kehidupannya. “Dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda, serta menjadi inspirasi di masyarakat,” urainya. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here