Hits: 3

20 Pengurus Dilantik Bupati Kubar Untuk Masa Bakti 5 Tahun

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, bersama Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur dan Plt Asisten I Setkab Kubar Misran Effendi, memimpin Pelantikan Pengurus Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat, Kamis 21/6/2018 di Auditorium Aji Tulur Jejangkat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

SENDAWAR – KABARKUBAR.COM
Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat sah untuk melakukan aktifitasnya mulai hari ini, Kamis 21/6/2018. Usai dilantik oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, dan disaksikan ratusan tamu dan undangan di Auditorium Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kutai Barat. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kutai Barat Nomor: 800.05.436.1/K.244/2018/Tanggal 27 Maret 2018 Tentang Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat Periode 2018-2023.

Terpilih sebagai Kepala Adat Besar Kabupaten, Manardimansyah Gamas mengajak masyarakat Kubar untuk bersama-sama mengawal, menjaga dan memelihara adat istiadat lokal. Menurutnya, masyarakat harus dalam kondisi sehat dan cerdas untuk meraih kemakmuran. Dan bersemangat dalam asas persatuan.

Demi membawa adat lebih bermartabat dan berwibawa ke depan, ia mengimbau masyarakat untuk menjaga nama baik lembaga adat. “Juga menggiring investasi agar berjalan dengan baik di Kubar. Serta hidup dalam kelerasaan, kejujuran dan ketertiban,” katanya saat memberi kata sambutan.

Manardimansyah Gamas beserta 19 orang lainnya, dilantik sebagai Pengurus Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat untuk masa bakti tahun 2018-2023. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sementara itu, Bupati Kubar menegaskan pentingnya pembaharuan untuk menjadi pribadi yang berkualitas dan dapat mengembangkan amanat mulia. Serta dapat meningkatkan mutu sendi-sendi kehidupan seluruh masyarakat adat Kabupaten Kubar. Juga memiliki komitmen yang teguh, kuat dan solidaritas yang optimal serta nyata. Dalam arti kompak dalam menyatukan keharmonisan dan mengikat persaudaraan.

“Kita harus bersatu agar dapat menjadi landasan kokoh untuk mengayomi seluruh lapisan masyarakat. Dan mampu menjadi pegiat ekonomi kreatif untuk memajukan Kubar sebagai Tanaa Purai Ngeriman,” kata FX Yapan dalam arahan pelantikan.

Yapan menambahkan, adat harus terus dilestarikan. Dedikasi dan karya juga diperlukan untuk dapat dirasakan seluruh masyarakat. Dengan sinergitas dan dukungan, maka akan terwujud hari esok yang lebih baik dari hari ini. “Lanjutkan pengabdian, dan bekerja harus netral sebagai penengah untuk dapat menata adat istiadat Kubar,” pesannya.

Bupati Kubar, FX Yapan menegaskan pentingnya pembaharuan untuk menjadi pribadi yang berkualitas dan dapat mengembangkan amanat mulia, juga melestarikan adat istiadat lokal. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Inilah Susunan Pengurus Lembaga Adat Besar Kabupaten Kutai Barat Periode 2018-2023:

Kepala Adat Besar   Manardimansyah Gamas
Wakil Kepala Adat Besar   Amantius Ugau, SE, MM
Sekretaris Adat Besar   Drs. Yuventius Soin
Wakil Sekretaris Adat Besar  Ignatius Rudi
Bendahara Adat Besar  Brill A Marludi
  

BIDANG HUKUM ADAT   
Kepala Bidang  Misianus D, SH
Sekretaris   Yurang
Anggota  Penyawer, ST
   Rana Wijaya, SH
   Lusia, SH

BIDANG UPACARA DAN SARANA ADAT   
Kepala Bidang  A Madrah T
Sekretaris   A Jafri M
Anggota  Lazarus Lempui
   Yohanes Bosko Suleeng
   Rinco

BIDANG PEMBINAAN DAN PELESTARIAN ADAT   
Kepala Bidang  Wissel B
Sekretaris   Rufinus
Anggota  Peng
   Heriyanto, S.SN
   Petrus Bien

Pelantikan dengan tema ‘Linoh Luur Laur Lasih’, yakni sebuah kata kesejahteraan yang artinya Tertib, Aman, Tentram dan Sejahtera, dihadiri puluhan tokoh adat dan tokoh masyarakat. Sedangkan mendampingi bupati, hadir Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur dan Plt Asisten I Setkab Kubar, Misran Effendi. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here