Hits: 0

Dandim: Kita langsung main di lapangan

Komandan Kodim 0912/KBR, Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi, berbaur dengan warga Kampung Tanjung Jan, Kecamatan Jempang, pada hari pembukaan TMMD Reguler Ke-107. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Berbagai pihak telah melakukan langkah atau kebijakan untuk mencegah penyebaran kasus infeksi virus Corona. Setelah Pemerintah Pusat menyampaikan imbauan, sebagian pemerintah daerah di Indonesia juga turut memberikan pesan khusus kepada warganya. Hal itu juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat.
Guna mencegah penyebaran infeksi yang menyerang sistem pernafasan karena virus covid-19 itu, Pemkab Kubar telah meniadakan salah satu kegiatan rutin. Khususnya Apel Pagi Gabungan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar, yang mestinya digelar hari ini.



Informasi tersebut merupakan arahan langsung Bupati Kubar. Kemudian disampaikan melalui pesan di grup WhatsApp oleh Kepala Sub Bagian Protokol pada Bagian Humas Pemkab Kubar. Pesan menegaskan Apel Pagi yang semestinya dilaksanakan Senin, 16 Maret 2020 pada pukul 07.45 Wita di Lapangan Apel Kantor Bupati Kubar, ditiadakan.
Alasannya, atas dasar instruksi Presiden RI terkait wabah penyakit Corona di Indonesia. “Iya, kita tiadakan apel pagi tadi,” ungkap Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, melalui pesan singkat kepada KabarKubar.
Hal yang sama terjadi pada Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa Reguler Ke-107 Tahun 2020 Kodim 0912/Kutai Barat pada Senin, 16 Maret 2020 pagi. Acara biasanya digelar upacara yang menghadirkan ratusan orang dari berbagai instansi, lembaga atau institusi, terpaksa ditiadakan.
Informasi Pembatalan Apel Pagi Gabungan OPD disebar melalui WhatsApp. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

“Iya betul pak, kita langsung main (bekerja) di lapangan,” kata Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendi.
Letkol Anang Sofyan Effendi mengatakan, peniadaan upacara pembukaan merupakan instruksi langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa. Sementara Satuan Tugas TNI TMMD Ke-107 telah berada di pusat lokasi, Kampung Tanjung Jan di Kecamatan Jempang.
“Jadi pasukan langsung bekerja seperti beberapa hari sebelumnya. Dikurangi kontak dengan banyak orang, sesuai perintah atasan,” ungkap Mantan Komandan Batalyon Infanteri 613/Raja Alam ini.



Dijelaskannya, TMMD Reguler Ke-107 di wilayah Komando Daerah Militer VI/Mulawarman ada di empat lokasi. Yaitu Balikpapan dan Kubar di Provinsi Kaltim, serta di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang masuk Provinsi Kalimantan Selatan. Akan digelar dari 16 Maret 2020 hingga berakhir 14 April 2020.
Perintah kerja bahu-membahi bersama warga akan melaksanakan pembangunan fisik dan non-fisik. Personel yang siap manunggal bersama rakyat di sana terdiri dari berbagai satuan. Antara lain personel Batalyon Artileri Medan (Armed) 18/105 Tarik Buritkang Jembayan, Batalyon Infanteri 611/Awang Long, Bayaltyon Zeni Tempur 17/Ananta Dharma serta petugas kesehatan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here