Peran Laki-Laki dan Perempuan Dalam Pembangunan Politik, Ekonomi Dan Sosial

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Sebanyak 60 orang dari tujuh wilayah kecamatan dan empat kelurahan, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender. Kegiatan ini juga diikuti empat kepala kampung atau Petinggi, organisasi wanita dan para Guru. Sejalan dengan Program Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender dalam Pembangunan.



Program yang digagas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) itu diharap menjadi harapan. Sehingga dengan makin terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender, ke depannya akan lebih baik lagi. Baik Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender yang meningkat.

“Hal itu akan berkontribusi pada angka Indeks Pembangunan Manusia Kubar sebagai indikator meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Dinas P2KBP3A Kubar, Yohana, melalui Sekretaris Dinas P2KBP3A, Thresia, Kamis 10/10/2019 di Ruang Rapat Kantor DP2KBP3A Kubar.

Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kutai Barat, Kamis 10/10/2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dikatakannya, pembangunan tidak dapat dikatakan berhasil jika mengesampingkan keadilan dan kesetaraan gender. Di mana gender itu sendiri merupakan salah satu variabel dari Indeks Pembangunan Manusia. “Dengan kata lain, ukuran tingkat kesejahteraan manusia di suatu daerah ditentukan pula oleh indikator gendernya,” imbuh Theresia membacakan sambutan Kadis P2KBP3A.

Menurut Ketua Panitia, Fristi Iin Diarni, kegiatan ini bertujuan agar dapat semakin meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai peran serta dan kesetaraan gender. “Diharapkan dapat turut meningkatkan kesetaraan peran laki-laki dan perempuan Kubar dalam pembangunan politik, ekonomi dan sosial,” kata wanita yang juga Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender pada Dinas P2KBP3A Kubar.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta dalam upaya berperan serta meningkatkan keadilan dan kesetaraan gender di lingkungan pekerjaan, lingkungan keluarga dan masyarakat,” tutur Severa Ernesta, seorang peserta yang juga Kasi Pendidikan dari Kecamatan Damai.



Diklat ini menghadirkan Narasumber dari Pusat Penelitian Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak Universitas Mulawarman, Samarinda, Widyatmike Gede Mulawarman. #Lilis Sari

Komentar Anda

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here