Hits: 1

Biaya Perkuliahan Hanya Rp 3,1 Juta Persemester

Dosen Politeknik Sendawar merupakan Akademisi yang berkompeten di bidangnya, Ruang Perkuliahan Jurusan Administrasi Bisnis, Kamis 14/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Menjadi politeknik yang unggul dalam pendidikan vokasi bidang teknik dan bisnis pada tingkat regional Kalimantan Tahun 2025, menjadi Visi Politeknik Sendawar. Yang selalu eksis menciptakan Tenaga Skill atau terampil siap kerja. Tentunya didukung berbagai fasilitas, seperti bengkel otomotif, laboratorium komputer, laboratorium gambar, laboratorium bahasa, laboratorium uji tanah, beton dan aspal, workshop kerja kayu serta fasilitas lainnya.

Hal itu terbukti, para alumni Politeknik Sendawar rata-rata telah bekerja. Baik itu di Bank Kaltim, Tenaga THL dan PNS di Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Hulu, perusahaan serta instansi swasta lainnya. Sementara ada juga yang lebih memilih membuka usaha sendiri, baik perbengkelan maupun usaha bisnis. Dan benar saja, mereka sukses dengan skill yang dimiliki.

Proses Pengujian aspal di Lab Uji Aspal Kampus Politeknik Sendawar, Kamis 14/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Semenjak menjabat Direktur Politeknik Sendawar,Juli 2016, Deansius ST bersama timnya menggenjot semua lini yang ada di Politeknik Sendawar. Ia berkeinginan, di bawah kepemimpinannya Politeknik Sendawar semakin mengepakkan sayapnya. Bukan hanya di Kutai Barat, namun hingga ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur, bahkan Nasional.

“Kami berkeinginan para alumni Politeknik Sendawar mempunyai skill dan daya saing tinggi. Selain siap membuka wirausaha sendiri, mereka harus betul-betul siap untuk menjadi tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya,” ujar Deansius, Kamis 14/9/2017 di ruang kerjanya. Ia menambahkan, di Politeknik Sendawar ada 3 pilihan jurusan, yakni Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Administrasi Bisnis.

Bukan hanya mengisi kemampuan mahasiswanya dengan dosen-dosen teruji, berkompeten, memiliki jenjang pendidikan S2 dan fasiltas lainnya, dilakukan kampus ini. Bahkan, kerja sama dengan Bank, instansi negeri dan swasta, perusahaan serta lainnya, juga semakin dikembangkan. Dengan harapan, begitu mahasiswa menyelesaikan studi, seluruh Alumni Politeknik Sendawar dapat langsung kerja.

Direktur Politeknik Sendawar, Deansius ST saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis 14/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Bahkan, untuk uji lab tanah, aspal dan beton, lab kampus kita dipergunakan. termasuk, Pemkab Mahakam Hulu melakukan uji lab di Politeknik Sendawar. Ini menunjukkan, kampus kita secara perlahan sudah semakin diakui di luar Kutai Barat,” sebut Alumni Universitas Balikpapan itu.

Saat ini, terang pria yang sedang menyelesaikan Tesis Strata Dua (S2) di Universitas Merdeka Malang itu, Politeknik Sendawar sudah menjalin 12 kerja sama. Yakni dengan, Bank Kaltim, Bank BNI, PT Trubaindo Coal Mining, PT United Tractors Site Damai, PT Pamapersada Nusantara, PT Dinar Energi Utama, PT Asuransi Bumida, Politeknik Negeri Samarinda, Komisi Pemilihan Umum Kubar, Perpustakaan Daerah Kubar, BPS Kubar dan PT Gunung Bara Utama.

“Juga, ada perusahaan yang meminta alumni kita sebanyak 20 orang untuk dijadikan tenaga kerja,” beber pria yang selalu tampak energik dan akrab disapa Dean itu.

Mahasiswa Politeknik Sendawar saat proses perkuliahan, Kamis 14/9/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Mengenai biaya, Politeknik Sendawar tidak begitu terlalu membebani mahasiswanya dengan biaya perkuliahan yang cukup besar. Jika ingin kuliah di kampus tersebut, biaya yang dikeluarkan hanya Rp 3.100.000 setiap semesternya. Namun bagi mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, pihak kampus juga menyediakan beragam beasiswa. Itu semua dilakukan, dalam rangka memajukan Dunia Pendidikan di Kubar khususnya. Serta nantinya akan menciptakan generasi penerus yang unggul, mandiri dan berdaya saing.

“Seperti, beasiswa Bidikmisi Dikti, PPA Dikti, TCM serta beasiswa GBU. Namun amat disayangkan, dari 2.000-an lebih Pelajar SLTA sederajat tamat dari Kubar dan Mahakam Hulu, hanya 97 orang saja yang mendaftar ke kampus ini. Kita tidak tahu, selebihnya kemana?. Melanjut kuliah atau bekerja atau kah menganggur?” sebutnya heran. #Reyber Benhouser Simorangkir

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here