Upaya Menjunjung Gaung Bahasa Indonesia di Deklarasi Sumpah Pemuda

Sosialisasi untuk penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar digelar di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat mengadakan sosialisasi Pemasyarakatan Bahasa Negara Pada Ruang Publik, Rabu 2/9/2019. Diikuti 40 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah terkait, diharapkan penerapan Bahasa Indonesia di ruang publik semakin baik dan benar.



Dikatakan Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun, bahasa sangat diperlukan dalam kehidupan, baik di kantor maupun di rumah. Maka penting mendiskusikan bagaimana penulisan dan penggunaan bahasa di ruang publik dengan baik dan benar. Ia mengimbau para peserta sosialiasasi mengikuti apa yang disampaikan narasumber dengan baik.

“Saya mengharapkan peserta nantinya bisa menerapkan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar di instansinya dan di tengah masyarakat,” ungkapnya saat membuka sosialisasi yang digelar di Hotel Sidodadi, Jalan Hasanuddin Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok.

Sosialisasi Pemasyarakatan Bahasa Negara Pada Ruang Publik, Rabu 2/9/2019, diikuti 40 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah terkait di Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Hal yang sama ditegaskan Koordinator Tata Bahasa Kantor Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kantor Bahasa Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Erwin Darma.   Dijelaskannya, perlu terus upaya menjunjung Bahasa Indonesia sesuai yang telah digaungkan para pemuda dalam Deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam. Yaitu bait ketiga yang berbunyi, ‘Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia’.

Ditambahkannya, Bahasa Indonesia sekarang sudah dipelajari di 24 negara. “Mari kita utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Agar komunikasi kita baik dalam bekerja, bermasyarakat dan di tengah keluarga akan semakin baik,” pungkasnya.



Sosialisasi ini diikuti peserta dari instansi terkait. Seperti Dinas Sosial, Humas Setkab Kubar, Disdikbud, Kemenag Kubar, Kantor Camat, Sekolah, Polres Kubar, Kodim 0912/Kutai Barat dan pihak swasta. Disdikbud bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kantor Bahasa Indonesia Provinsi Kaltim. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here