Hits: 0

Kapolsek ke 6 Sejak Polres Kubar Berdiri

0409_Pelantikan Kapolsek Muara Pahu_AKP P Hasugian (2)
KEENAM: Ajun Komisaris Polisi P Hasugian diambil sumpah dan janjinya sebagai Kapolsek Muara Pahu oleh Wakil Kapolres Kubar Komisaris Polisi Ade Permana di Mako Polres Kutai Barat, Jumat (4/9/2015).    SONNY LEE HUTAGALUNG/KabarKubar.com

 BARONG TONGKOK – Wakil Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, Komisaris Polisi Ade Permana melantik Ajun Komisaris Polisi P Hasugian sebagai Kepala Polsek Muara Pahu. Hasugian menggantikan AKP Aulia Hadi Putra yang ditarik ke Markas Polres Kubar menjadi Kepala Satuan Lalu Lintas. Pernah menjabat Kapolsek Samarinda Ilir di Polres Kota Samarinda pada tahun 2009, Hasugian menjadi Kapolsek Muara Pahu ke 6 sejak berdirinya Polres Kubar.

Kepada KabarKubar.com, Hasugian mengaku siap ditempatkan di mana saja, termasuk wilayah Kecamatan Muara Pahu yang dikenal cukup sulit diakses melalui jalur darat. Sebagai perwira Polri, ditugaskan di mana pun dipandang suatu pengabdian. “Saya pernah menjabat Kapolsek Kayan Hulu di dataran Apau Kayan, Kabupaten Malinau, yang hanya bisa lewat udara. Jadi bertugas di daerah yang sulit dijangkau sudah biasa buat saya. Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik,” katanya usai pelantikan yang dihadiri para Kepala Satuan dan sejumlah Kapolsek di jajaran Polres Kubar.

Dari Apau Kayan, lanjut Hasugian, ia ditarik menjadi Kapolsek Malinau Barat yang bermarkas di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat. Pada tahun 2009 diberi kepercayaan oleh Polda Kaltim menjadi Kapolsek Samarinda Ilir. Kemudian ia pindah tugas ke Polres Kutai Kartanegara sebagai Kasat Narkoba. Terakhir, menjadi Kaur Sarpras Sekolah Polisi Negara di Balikpapan. “Di manapun pasti ada tantangan tersendiri, tapi harus dijalani sebagai sebuah pengabdian bagi masyarakat dan negara,” katanya.

0409_Pelantikan Kapolsek Muara Pahu_AKP P Hasugian (1)Bertempat di halaman Mako Polres Kubar, Jumat (4/9/2015), Hasugian diambil sumpah dan janjinya oleh Kompol Ade Permana, mewakili Kapolres Kubar AKBP Hindarsono. Ade Permana mengatakan, pergantian atau mutasi adalah hal biasa. Sebagai bagian dari siklus manajemen peningkatan sumber daya manusia di tubuh Polri yang juga ditujukan untuk penyegaran. Mutasi kali ini menjadi lanjutan mutasi sebelumnya, dimana masih ada posisi yang lowong. Sehingga perpindahan tugas juga menyesuaikan kebutuhan organisasi dan juga peningkatan karir bagi para perwira. “Ada tanggung jawab yang harus digaris bawahi, termasuk netralitas Polri yang senantiasa dijaga,” ujarnya saat membacakan arahan Kapolres Kubar.

Polri, ujar Ade Permana, mempunyai agenda besar untuk menyukseskan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia. Khusus Polres Kubar yang membawahi Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu, harus bekerja ekstra dengan gelaran dua Pilkada. “Antisipasi munculnya kecurangan dengan aktif melakukan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan). Laporkan temuan agar segera diambil langkah-langkah oleh pimpinan. Untuk itu, tingkatkan patroli dan kerja sama yang baik dengan pihak terkait,” tegasnya.

Hasugian menjadi Kapolsek Muara Pahu ke enam sejak Polres Kubar berdiri dari imbas pembentukan Kabupaten Kutai Barat di tahun 1999. Kapolsek pertama adalah Inspektur Satu Lopren Tambunan yang kemudian digantikan Iptu Mochammad Basir. Lalu AKP Maryono yang sebelumnya Kapolsek Long Bagun ditarik menggantikan. AKP Maryono kemudian digantikan AKP Bambang Suwito yang lalu digantikan AKP Aulia Hadi Putra.   #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here