Hits: 0

Tetap Ikuti Keputusan Partai

2705_Suasana di ruang fit and proper test
UJIAN : Para bakal calon kepala daerah yang berharap didukung PDI Perjuangan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh DPP PDIP di Swissbel Hotel Balikpapan.    HNL CENTER/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Delapan nama dari Kabupaten Kutai Barat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh DPP PDI Perjuangan. Mereka termasuk dalam 153 peserta ujian di Hotel Swissbel Balikpapan, 24-25 Mei 2015 itu. Mereka datang untuk menjadi bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar yang akan bertarung di Pilkada Kubar, 9 Desember 2015.

Delapan nama yang diajukan DPC PDIP Kubar untuk mengikuti seleksi adalah hasil penjaringan 16 nama di DPD PDIP Kaltim. Yakni FX Yapan, Jackson John Tawi, Rusda Hamdani dan Yovinus, sebagai balon bupati. Lalu Edyanto Arkan, Herjon Noperi Lone, Abdul Aziz dan Murdiansyah untuk posisi balon wakil bupati. Jika di deretan posisi balon bupati keempatnya adalah kader dan pengurus DPC PDIP Kubar, hanya Herjon kader PDIP di posisi balon wakil bupati.

Herjon mengungkapkan, ada tiga materi yang diujikan pada fit and proper test tersebut. Yakni tes kemampuan dan wawancara oleh empat penguji ditambah utusan DPP PDIP lainnya. Mereka adalah Ketua DPP PDIP Bidang Kemaritiman Rokhmin Dahuri, Ketua DPP PDIP Bidang Buruh Tani dan Nelayan Mindo Sianipar, Ketua DPP PDIP Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Made Urip, Wakil Bendahara DPP PDIP Ari P Batubara, Ketua DPP PDIP Bidang Kehutanan dan Perkebunan Muhammad Prakosa serta Ketua DPP PDIP Bidang Perempuan dan Anak Wiryanti Sukamdani Hardjoprakoso. Lalu psikotes oleh anggota Himpunan Psikologi Indonesia. “Juni nanti baru kita ketahui hasilnya, melalui DPD dan DPC,” ujarnya.

Sebagai kader yang saat ini menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDIP Kubar, Herjon mengaku siap jika dipilih sebagai balon Wakil Bupati Kubar. Meski yang terjadi tidak seperti yang dikehendakinya, segala keputusan yang diambil PDIP akan didukung. “Saya siap jika dipanggil partai. Secara pribadi, siap ditugaskan. Apapun keputusan partai, saya tetap mendukung,” kata pria yang pernah di posisi Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kubar, periode 2004-2009 ini.

2705_Herjon Noperi Lone bersama Rita Widyasari

Jika ternyata PDIP memajukan orang lain, Herjon mengaku tidak akan berontak. Menurutnya, PDIP telah membesarkannya di Kubar. Sebagai kader, ia akan loyal kepada partai. Mengikuti segala aturan dan keputusan internal partai. “Saya akan mendukung siapapun yang akan ditugaskan partai di Pilkada Kubar nanti,” tegasnya.

Ditanya seputar momen fit and proper test yang diikutinya, Herjon merasa bangga berada bersama 153 tokoh-tokoh terbaik di Kaltim dan Provinsi Kalimantan Utara. Sejumlah nama besar duduk bersama dan berkesempatan untuk bercengkerama bahkan bercanda ria. Tidak ada kesan bahwa mereka duduk di posisi bupati, walikota, ketua dewan, pengusaha, ketua partai atau ketua lembaga ternama. “Kita berada di antara bintang-bintang terang,” ujarnya.

Herjon menyebut nama Rita Widyasari (Bupati Kutai Kartanegara), Yansen Tipa Padan (Bupati Malinau), Rizal Effendi (Walikota Balikpapan), FX Yapan (Ketua DPRD Kubar), Mahyunadi (Ketua DPRD Kutai Timur) dan banyak lagi tokoh populer di Kaltim dan Kaltara. “PDIP bagaikan gadis cantik yang dilamar banyak pria tampan. Banyak ketua parpol lain yang ikut ujian bersama kami,” jelasnya.   #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here