Balap Ketinting KNPI Cup III 2018

Bupati Kubar FX Yapan didampingi Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan, menyerahkan Piala dan Uang Pembinaan kepada Nok, Pebalap Desa Jantur Kecamatan Muara Muntai yang menjadi Juara di Kelas Underbound 9-13 HP. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Setelah melakukan babak penyisihan kemarin, Ketinting Open Race yang dilaksanakan di perairan Sungai Mahakam Kampung Muara Benangaq menggelar babak final. Dari dua kelas utama dari tiga kelas yang dipertandingkan, Joki Ketinting dari Desa Jantur Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi Jawara. Mereka pun menggondol uang pembinaan senilai Rp10 juta dari total Rp29 juta hadiah yang disediakan.



Di Kelas Underbound 9-13 HP yang diikuti 16 peserta pada babak penyisihan, menyisakan 6 Pebalap di babak final. Dan hasilnya, Nok dari Tim Desa Jantur berhasil menjadi yang tercepat dalam balapan yang menempuh jarak 5 kilometer atau lima putaran.

Lomba Ketinting Open Race KNPI Cup III menempuh lima putaran berjarak 1 kilometer tiap putaran dalam babak final yangdigelar Sabtu 27/10/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Setelah sejak bendera Start diangkat oleh Bupati Kutai Barat, FX Yapan, Nok menjadi yang terdepan. Di putaran ketiga, mesin Ketingting yang dipacu Nok sempat terdengar Brebet atau ngadat. Namun usai 200 meter melintasi Tribun Panitia, mesin kembali normal dan melaju kencang.

Di tikungan terakhir pada putaran kelima, Nok sempat melambat dan akan disalip rival terberatnya sejak garis Start, yakni Dandi dari Tim Kecamatan Muara Wis. Akhirnya, Nok mencapai garis finish sekitar 75 meter di depan Dandi. “Ini bukan hal mudah. Kalau tidak lincah dan mahir, bisa terbalik di tikungan tadi. Kalau tidak, bisa tabrakan dan celaka. Benar-benar hebat dia ini,” celetuk Bupati Kubar, FX Yapan, usai menyerahkan Piala dan Uang Pembinaan kepada Nok.

Aksi Muis, Pebalap Muara Benangaq yang ditempel ketat pesaingnya dalam Kelas Lokal pada Lomba Ketinting Open Race KNPI Cup III, sabtu 27/10/2018 di Kampung Muara Benangaq Kecamatan Melak. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Di kelas utama ini, posisi ketiga dan keempat juga diraih Tim Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kukar. Yakni Muhammad Risky dan Herdy.

Di Kelas Underbound (Vanguard 6 HP)  Karburator Piston Bebas yang diisi 11 peserta, juga menyisakan enam peserta di babak final. Di kelas ini, Jantur juga menjadi yang tercepat dengan meninggalkan jauh Joki lain di belakangnya. Dani dari Tim Desa Jantur meraih posisi pertama, dengan tiga pebalap lain dari Tim Muara Wis. Yakni Dandy, Muhammad Risky dan Uji.

Ketua DPD KNPI Kubar, FX Sumardi, menyerahkan Piala dan Uang Pembinaan kepada para pemenang di Kelas Lokal yang dirajai Pebalap dari Kampung Muara Benangaq. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Untuk Kelas Lokal Loncing, Ziandon dan Yamaha MZ 55 HP yang diikuti 23 peserta, juga tidak kalah seru pertandingannya dengan enam pebalap di babak final tadi. Muara Benangaq sebagai Tuan Rumah, tidak kalah malu dengan tiga pebalapnya naik ke podium. Muis yang jauh meninggalkan rival-rivalnya, menjadi terdepan. Disusul rekan satu timnya, Uben di posisi kedua dan Nasrun di posisi keempat. Sedangkan posisi ketiga diraih Heri dari Melak.

Menurut Petinggi Muara Benangaq, Ismawi, ini adalah acara tahunan, yang pesertanya datang dari berbagai tempat. Ada dari Anggana (Kutai Lama),  Muara Wis, dan Jantur. Dari lokal Kubar, ada yang dari Melak, Benangaq, Linggang Marimun. “Balapan Ketinging ini sudah beberapa tahun didukung KNPI Kubar. Hanya TUHAN lah yang dapat membalasnya,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan dan melaporkan dana sponsor yang mencapai Rp42.750.000.

Sebagai penggagas acara yang menjadi rangkaian Hari Sumpah Pemuda Ke-90, Ketua DPD KNPI Kubar FX Sumardi mengapresiasi perhatian Bupati Kubar. Yang datang bersama Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah. “Kami berterimakasih setingginya, karena Pak Bupati datang lengkap dengan Wabup dan para Kadis. Ini bentuk keseriusan, apalagi ada juga Bapak Kapolres Kubar (AKBP I Putu Yuni Setiawan),” ujarnya.

Ribuan masyarakat dari berbagai tempat, antusias menyaksikan aksi para Joki Ketinting dari tepian Sungai Mahakam. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Tahun 2016, Pak Bupati pernah katakan ingin meningkatkan pariwisata melalui Open Race seperti ini. Dan ada juga objek wisata pasir yang tidak kalah dengan di Bali. Untuk promosikan Benangaq ini agar jadi tujuan wisata dan nomor satu desa se-Provinsi Kaltim,” imbuh FX Sumardi.

Selain ribuan masyarakat yang memadati tepian Sungai Mahakam di Kampung Muara Benangaq Kecamatan Melak, ada sejumlah tokoh menyaksikan balapan ketinting tadi. Antara lain, Komandan Koramil 0912-06 Melak Kapten Infanteri Sarifudin, dan Ketua Majelis Pemuda Indonesia DPD KNPI Kubar, Ekti Imanuel.

Juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Silvanus Ngampun, Kepala Dinas Perhubungan Rakhmat, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Salomon Hartono, Kepala Bagian Pembangunan Robertus Leopord Bandarsyah, dan Kabag Perekonomian Andi Kristison. #Lilis Sari



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here