Hits: 11

Letkol Anang Sofyan Effendy Jadi Dandim Kubar Ke-8

Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Brigadir Jenderal Irham Waroihan, menyematkan tanda pangkat sebagai Komandan Kodim 0912/KBR kepada Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendy. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan resmi melepas jabatannya sebagai Komandan Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat. Melalui Serah Terima Jabatan di Markas Komando Resor Militer 091/Aji Surya Natakesuma, Rabu 12/12/2018 pagi tadi, ia meninggalkan kenangan bertugas selama setahun dua bulan dan dua hari di Tanaa Purai Ngeriman.



“Ini adalah jabatan promosi. Letkol Rudi Setiawan sudah diminta bertugas di Markas Besar TNI Angkatan Darat. Tidak bisa ditunda lagi, karena susah mencari waktu yang tepat,” ungkap Komandan Korem 091/ASN Brigadir Jenderal Irham Waroihan, dalam arahan Sertijab Komandan Kodim 0912/KBR, Markas Korem 091/ASN, Jalan Gajahmada No.11 Kota Samarinda.

Danrem menjelaskan, Letkol Rudi Setiawan akan menempati posisi barunya sebagai Pabandya-4/Komsos Spaban III/Wanmil Sterad. Jabatan itu, menurut Danrem cukup penting dan diibaratkan mesin pendingin. Sehingga tidak bisa ditunda. Jabatan baru itu juga dinilai cukup bergengsi karena menjadi motor penggerak.

Salam kompak ditunjukkan Komandan Korem 091/ASN Brigjend Irham Waroihan, bersama Letkol Rudi Setiawan dan Letkol Anang Sofyan Effendy. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Setelah Dandim Bontang, ini adalah Dandim kedua yang dilantik di era saya. Terima kasih karena tidak ada gejolak, atau konflik sosial di Kubar,” ungkap Lulusan Akademi Militer Tahun 1989 ini.

Seraya mengucapkan terima kasih atas pengabdian Letkol Rudi Setiawan dan istri selama bertugas di Kubar, Danrem memberi arahan kepada Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendy. Kepada Dandim pengganti itu, diingatkan prestasi yang telah dicapai Letkol Rudi Setiawan sebagai seniornya. Terutama dalam melaksanakan tugas dari Korem dan Kodam. Dengan pelanggaran anggota yang sangat minim.

Letkol Anang yang merupakan jebolan Akmil tahun 2001, sebelumnya menjabat Pabandya Komsos Sterdam VI/Mulawarman. Danrem mengingatkan juga bahwa Dandim Kubar yang lama telah mengeliminasi sejumlah riak kecil di teritorial Kodim 0912/KBR. “Jadi Dandim baru tinggal meneruskan, dan diharapkan integritasnya,” kata Brigjend Irham Waroihan.

Letkol Rudi Setiawan mencium Pataka Korem 091/Aji Surya Natakesuma, dalam serah terima jabatan di Hall Makorem 091/ANS, Rabu 12/12/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kabar dihimpun KabarKubar, Letkol Anang pernah menjabat Komandan Batalyon Infanteri 613/Raja Alam di Tarakan, dan Perwira Seksi Operasional Danyonif 500/Raider. Pria kelahiran Magelang 30 April 1980 ini juga pernah menjabat Kepala Staf Kodim 1714/Puncak Jaya. Saat Anang berpangkat Letnan Dua, ia bertugas di Yonif 521/Dhadaha Yodha, kemudian pindah ke Yonif 527/Baladibya Yudha.

Sebelumnya, Letkol Anang punya banyak pengalaman sebagai pasukan tempur. Ia pernah bertugas di wilayah konflik Aceh, dan Papua. Juga pernah bertugas enam bulan di Tarakan dalam tim pembebasan sandera warga Indonesia oleh Kelompok Separatis Filipina. Kisah uniknya, selamat dari bencana Tsunami yang memporakporandakan Aceh pada 26 Desember 2004 silam. Ia luput dari bencana, karena sedang bergerilya di pegunungan untuk mengejar anggota Gerakan Aceh Merdeka. Namun diperintahkan atasan untuk ikut membantu evakuasi korban Tsunami.

Danrem dan istri, bersama Dandim 0912/KBR yang lama dan baru beserta pasangan masing-masing, menunjukkan sikap optimis dalam bertugas. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Letkol Anang menjadi Perwira Menengah TNI AD ke-8 yang memimpin Kodim 0912/KBR.

  1. Letnan Kolonel Infanteri Danang Wiranta (Pebruari 2009 – September 2010)
  2. Letnan Kolonel Kavaleri M Zulkfli (September 2010 – Desember 2011)
  3. Letnan Kolonel Infanteri Agus, S.IP (Desember 2011 – Juli 2013),
  4. Letnan Kolonel Infanteri Deni Rejeki (Juli 2013 – Januari 2015),
  5. Letnan Kolonel Infanteri Agus Soeprianto (Januari 2015 – Mei 2016),
  6. Letnan Kolonel Infanteri Hendriawan Senjaya, SE, MT.Han (Mei 2016 – Oktober 2017),
  7. Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, SE (Oktober 2017 – Desember 2018)
  8. Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendy (Desember 2018 – sekarang)

“Kami pasti ada kesalahan, dan kami mohon maaf. Meski akan jauh bertugas, tapi jajaran Korem 091/ASN akan tetap di hati. Sangat beruntung tugas di perbatasan, karena sangat aman. Meski infrastruktur terbatas, sumber daya manusia masih kurang, tapi jadi pengalaman berharga,” ungkap Letkol Rudi Setiawan saat menyampaikan kesan selama menjabat Dandim Kubar.



Sertijab dan Acara Tradisi Korps dihadiri seluruh Kepala Seksi, Kepala Badan Pelaksana, Perwira Menengah dan para Dandim di Jajaran Korem 091/ASN. Dari Kubar, hadir pula para Komandan Koramil jajaran Kodim 0912/KBR dan sejumlah Perwira Seksi Kodim 0912/KBR. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here