Hits: 1

Olahraga Diharap Jadi Sarana Menjauhkan Pemuda Dari Miras dan Narkoba

Ekti Imanuel menyerahkan bantuan perlengkapan olahraga dan bantuan keuangan yang diterima Ketua Karang Taruna Kampung Linggang Melapeh Baru, Carda, yang didampingi Petinggi Darmansyah dan Ketua BPK Yonan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya, Ekti Imanuel, diminta ikut memerhatikan generasi penerus di Kampung Linggang Melapeh Baru, Kecamatan Linggang Bigung. Warga menginginkan masa depan kaum muda setempat untuk lebih baik. Sarana dan prasarana bagi pemuda dan pemudi diharap diadakan, dan ditingkatkan kualitasnya dari yang telah ada.
“Sarana memang sangat kami butuhkan. Misalnya lapangan sepakbola yang belum standar,” ungkap Kepala Kampung atau Petinggi Linggang Melapeh Baru, Darmansyah, saat Serap Aspirasi Masyarakat atau Reses Masa Persidangan I Tahun 2020, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel pada Jumat, 14 Pebruari 2020.
Dikatakan Darmansyah yang akrab disapa Darin, ini kali kedua Ekti mengadakan Reses di kampung yang biasa disebut Dusutn itu. Ia berharap aspirasi warganya bisa disandarkan kepada Ekti yang juga putra setempat, tepatnya Kampung Linggang Melapeh. Ia juga berharap usul atau aspirasi mereka bisa ditanggapi. Kemudian menjadi DPRD Kaltim, dan terealisasi.
“Beliau ini (Ekti Imanuel) memberi harapan bagi kami. Terealisasi atau tidak kami pahami karena tergantung disana (Pemprov Kaltim). Keuangan pemerintah tidak bisa dipaksakan. Mudahan ada satu atau dua paket untuk Melapeh Baru,” harap Darin.
“Bersyukur jika ada untuk pengembangan olahraga. Lapangan dan fasilitas untuk mendukung kegiatan pemuda,” imbuh Yonan, Ketua BPK Linggang Melapeh Baru.
Ketua Karang Taruna, Carda, berharap pemuda jauh dari narkoba. Untuk bersiap menyongsong kehadiran Ibu Kota Negara baru yang berdekatan dengan wilayah Kubar. “Paling kami harap, bisa dapat pindah lapangan sepakbola yang baru,” katanya dalam Reses yang diadakan di kediamannya, RT 1.
“Tribun di lapangan sepakbola sudah mau rubuh,” celetuk Hendri, warga RT 5.
Anggota Lembaga Adat Kampung Linggang Melapeh Baru, Nyong, menyoroti lahan sepakbola yang berada di areal SDN 005 Linggang Bigung. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Nyong selaku Anggota Lembaga Adat, mengkritisi Karang Taruna setempat yang menurutnya seolah berjalan mundur. Ia meminta Karang Taruna membuat apa saja kegiatan yang mengarahkan pemuda untuk lebih baik. “Mulai malam ini, buatlah kegiatan. Latihan (olahraga) pun tidak ada saya lihat lagi,” katanya.
Ia mengakui fasilitas olahraga di kampungnya sangat minim. Salah satunya, lapangan voli dan sepakbola yang berada di areal SD Negeri 005 Linggang Bigung. Ia memohon aparat pemerintahan kampung dan BPK bekerjasama untuk mencari dan mengadakan lahan olahraga baru. “Ini sangat memprihatinkan. Nanti kalau sekolah hendak membangun, dimana lagi kita latihan. Karena saya dengar mau dibangun SMP disini,” jelas Nyong.
Mewakili perempuan, Eni yang juga Anggota Lembaga Adat, berterimakasih atas dukungan Ekti Imanuel pada olahraga di kampungnya. Namun ia berharap dukungan tidak pada kelompok putra saja. Alasannya, di kampungnya sudah dibentuk tim sepakbola putri sejak tahun 2009. Demikian juga dalam cabang voli yang peminat dari kelompok putri cukup banyak. “Semoga insan olahraga bisa jauh dari miras. Untuk apa latihan fisik kalau miras juga dikonsumsi. Miras tidak baik untuk fisik,” pesannya.
Sebagian perwakilan masyarakat yang hadir dalam Reses Ekti Imanuel di Kampung Linggang Melapeh Baru pada Jumat, 14 Pebruari 2020 malam. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ekti mengakui soal lapangan sepakbola sudah disampaikan Petinggi Linggang Melapeh Baru saat Reses pertamanya. Kendala adalah karena lahan dekat pemukiman yang sudah padat, dan sebagian besar telah ditanami pohon karet. Jika pun ada yang memadai, harganya dinilai terlalu mahal. “Kalau ada yang mau hibahkan (lahan) dengan harga miring, bisa kita pikirkan dan perjuangkan anggarannya di provinsi,” ujarnya.
Duduk di Komisi III DPRD Kaltim, Ekti menegaskan tekad keras untuk membangun Kubar, khususnya kampung-kampung di wilayah Kecamatan Linggang Bigung. Salah satunya peningkatan jalan dari bantuan keuangan provinsi. “Soal pembangunan, 11 kampung di Linggang pasti saya perjuangkan. Tanpa diusulkan, saya usulkan sendiri. Tahun 2021 akan ada peningkatan jalan di seputar linggang,” katanya.
Ia berharap pemerintah kampung ikut berpikir bersama, sehingga didapat solusi terbaik dari setiap persoalan. Ia percaya petinggi bisa memikirkan kepentingan masyarakat dan bersinergi dengannya sebagai Wakil Rakyat dari Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu.
Soal narkoba, lanjutnya, memang salah satu cara menjauhinya adalah dengan berolahraga. Voli dan sepakbola adalah olahraga murah yang digandrungi masyarakat. Untuk itu ia mendukung para pemuda dengan memberikan bantuan perlengkapan sepakbola dan voli. Termasuk sejumlah dana untuk biaya pendaftaran turnamen Linggang Cup III tahun 2020 yang digelar di Kampung Linggang Purwodadi. “Saya berharap Karang Taruna bisa melakukan sesuatu untuk membesarkan olahraga,” pesan Ekti yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here