Hits: 0

Dihadiri Unsur FKPD, Pelajar dan Mahasiswa

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Kutai Barat, Senin 2/10/2017, dengan Kapten Arm Sutrisno selaku Komandan Upacara. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Kutai Barat, untuk hanya menganut paham Pancasila. Sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila tidak boleh digantikan paham lain. Karena 5 Sila telah mencakup seluruh kehidupan di Indonesia.

“Supaya kita lebih memahami tentang Kesaktian Pancasila, dan tidak boleh menganut paham-paham lainnya. Yang kita anut adalah Pancasila,” ujar FX Yapan, usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin 2/10/2017 di halam Kantor Bupati Kubar.

Bupati mengatakan, kita merasakan suasana saat ini, oleh karena hadirnya Pancasila. “Kita bisa berdemokrasi, berusaha, dan bersekolah, juga karena Pancasila. Tanpa pancasila, kita bukanlah apa-apa,” katanya.

Upacara yang dipimpin Bupati Kutai Barat, FX Yapan, sebagai Inspektur Upacara, dihadiri juga Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0912/KBR, Nyonya Lestari Hendriawan dan 5 anggotanya, juga Bhayangkari Cabang Polres Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Terakhir, Yapan mengajak seluruh pihak untuk hidup saling menghormati. Baik antar agama, suku dan golongan, harus menjalin kerja sama yang baik dan saling menghargai. “Bergotong-royong, dan kita saling bergandengtangan bahu-membahu membangun Kutai Barat. Satukan langkah, satukan tekad kita, barulah bisa terwujud ‘Hari Esok Lebih baik dari pada Hari ini.”

Upacara ini dilaksanakan sekaligus mendoakan arwah para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam mempertahankan keutuhan Pancasila sebagai Ideologi Negara Republik Indonesia.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Kapten Arm Sutrisno selaku Komandan Upacara, dan Kapten Infanteri Pujang jadi Perwira Upacara. Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dibacakan anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kubar, dan Ikrar Pancasila dibacakan oleh Puncan Karna.

Upacara yang diikuti hampir seribu peserta itu, dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Yakni Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan, Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, Wakil Kepala Polres Kubar Kompol Gede Pasek Mulyana, Kepala Kejaksaan Negeri Kubar Syarief Sulaeman Nahdi dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubar Puncan Karna.

Hadir pula Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur dan Kepala Perwakilan TNI AU Kubar, Letnan Dua Lek Heru Prasetijo. Ada juga para Asisten, Kepala OPD, serta PNS dan TKK di lingkungan Pemkab Kubar. Peserta upacara juga terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, Mahasiswa Poltek, Pelajar SMA, SMP dan Pramuka SD.

Tidak ketinggalan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0912/KBR Nyonya Lestari Hendriawan beserta 5 anggotanya, juga Bhayangkari Cabang Polres Kubar, serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubar. #Lilis Sari


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here