Siaga Menghadapi Bencana Yang Dapat Menimbulkan Korban Jiwa

Pelatihan URC SAR Kubar di BPU Melak, Senin 28/8/2017, akan dilaksanakan selama 4 hari hingga 31 Agustus 2017 ini. SERKA RENO OKTAVIAN SIRAIT/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Unit Reaksi Cepat Search And Rescue atau SAR, mendapat pembekalan ilmu dari 2 Instruktur atau Narasumber, di Balai Pertemuan Umum Melak, Senin 28/8/2017. Mereka akan diberikan 4 metode pendidikan dan pelatihan, selama 4 hari, dari 28-31 Agustus 2017. Pelatihan meliputi Teknik Pertolongan Di Darat, Kompas, Refling dan Teknik Evakuasi Korban.


Narasumber dari Kantor Badan SAR Balikpapan, Mardi Sianturi dan Kepala Perwakilan TNI AU Kubar, Letnan Dua Sus Heru Prasetijo, akan membekali seputar penyelamatan korban. Dari usaha dalam mencari, menolong dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikuatirkan menghadapi bahaya. Khususnya dalam musibah pelayaran, penerbangan atau bencana dan musibah lainnya.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, pelatihan itu diharap memaksimalkan fungsi dari URC SAR Kubar. Untuk kelangsungan organisasi tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik diminta meningkatkan kapasitas dan kualitas URC SAR Kubar. Kesiapsediaan dan Kesiapsiagaan masyarakat perlu diberikan pemahaman , melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan. “Untuk mengetahui langkah awal apa yang harus dilakukan cepat, apabila di daerahnya terjadi bencana,” ujarnya melalui sambutan yang dibacakan Asisten I Setkab Kubar, Silas Sinar.

Silas mengatakan, butuh keseriusan dan kesungguhan para peserta pelatihan untuk mengikuti, menyimak, memahami dan menerapkan ilmu serta teori yang diperoleh. Kepedulian dan kerelaan hati para anggota URC SAR Kubar untuk bergabung dalam tim, diacungi jempol.

“Karena keterlibatan saudara bukan hanya meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sebagai makhluk sosial. Juga agar memberikan bakti diri dengan terus meningkatkan mutu dan kualiatas kinerja. Serta produktifitas saudara tidak hanya jiwa korsa untuk berbakti dan mengabdi harus terus diteguhkan,” jelas Silas Sinar.

Pembukaan Pelatihan URC SAR di BPU Melak, dihadiri juga Pelda Efendi dari Koramil 0912-05 Melak. SERKA RENO OKTAVIAN SIRAIT/KABARKUBAR.COM

Menurut Kepala Badan Kesbangpol Kubar, Hermanuddin, pelatihan diikuti 25 peserta dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Kubar dan masyarakat umum. Yakni 13 orang dari Kerbangpol, 3 Umum, 1 PU, 1 Bappeda, Kantor Camat Melak, 3 BPBD, 1 Tagana, 1 Pramuka dan 1 Puskesmas Melak.

Pelatihan ditujukan memberikan pembekalan, pengetahuan lanjutan dan keterampilan bagi anggota. “Sehingga mampu mengevakuasi melalui pencarian dan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah,” ujarnya dalam acara yang dihadiri juga Pelda Efendi dari Koramil 0912-05 Melak, dan Kepala Kantor Kemenag Kubar, HM Isnaini.

Hermanuddin menyebutkan, butuh keterampilan menghadapi semakin tingginya kejadian bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa. Dan kerugian materi bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat di Kubar. Perlu dilakukan upaya dan tindakan evakuasi secara cepat, tepat dan terpadu.

“Karena itu, perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota URC SAR. Sehingga mampu mengevakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah,” katanya. #Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here