PDIP Panggil Sherlili Gantikan Juan Jenau

Agustinus Ding
Agustinus Ding, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Mahakam Ulu

LONG BAGUN – Dua kursi di DPRD Kabupaten Mahakam Ulu saat ini lowong. Sebab dua wakil rakyat yang baru dilantik Desember 2014 lalu, harus meninggalkan kursinya. Keduanya maju sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu di Pilkada Mahulu, Desember 2015 nanti. Dua orang pun beruntung menggantikan kedudukan mereka melalui proses Pergantian Antar Waktu.

Bonifasius Belawan Geh yang saat ini duduk sebagai Ketua DPRD Mahulu, berasal dari Partai Gerakan Indonesia Raya. Lalu dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Mahulu, adalah Juan Jenau. Boni maju sebagai calon bupati dan Juan sebagai wakilnya.

Diungkapkan Sekretaris DPC Partai Gerindra Mahulu, Agustinus Ding, akan memanggil seorang kader Gerindra dari DPC Kutai Barat mengisi kursi Bonifasius. Sebab kuota calon legislatif Gerindra di Mahulu pada Pemilihan Legislatif 2014 sudah habis. KPU Kutai Barat hanya menetapkan empat caleg di masing-masing partai politik pada Daerah Pemilihan I atau Mahulu. “Kuota calegnya hanya empat dan semuanya terpilih jadi anggota DPRD Mahulu. Jadi harus memanggil caleg di Dapil II untuk mengisi kursi yang kosong,” ujarnya.

Soal siapa orangnya, Agustinus Ding yang pernah duduk sebagai anggota DPRD Kutai Barat periode 2004-2009, menyerahkan pada keputusan partainya. Jika mengacu pada aturan suara terbanyak, kemungkinan besar adalah Ketua DPC Kubar, Markulius Mahing. “Pak Mahing terbanyak setelah pak Tatang yang sudah duduk di DPRD Kubar. Tapi kita lihat saja apa keputusan partai nantinya,” tegasnya.

Disinggung soal PAW Gerindra di DPRD Mahulu, Mahing tidak ingin berkomentar banyak. Namun ia mengaku siap ditugaskan ke Mahulu, jika telah diputuskan partainya. “Saya mendapat suara terbanyak kedua di Gerindra pada Dapil II. Kalau memang saya dipanggil ke Mahulu ya tentu siap,” katanya di kediaman, Kelurahan Barong Tongkok, Kubar.

Untuk diketahui, ada empat nama caleg Gerindra pada Pileg 2014 lalu. Yakni Bonifasius dengan nomor urut 1, Agustinus Ding (2), Novita Bulan (3) dan Wenny (4). Bonifasius terpilih duduk di DPRD Kubar bersama Tatang dan Jainudin. Bahkan Bonifasius mendapat posisi sebagai Wakil Ketua DPRD Kubar. Dengan pembentukan DPRD Mahulu, empat kursi diraih Gerindra. Bonifasius pun ‘pulang kampung’ dan menjadi Ketua DPRD Mahulu.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Mahulu, Tiofilus Hanyeq mengakui telah memproses PAW di tubuh partainya. Menggantikan kursi yang ditinggalkan Juan Jenau karena maju mendampingi Bonifasius di Pilkada Mahulu 2015, disiapkan nama Sherlili. Wanita asal Kampung Datah Bilang Kecamatan Long Hubung tersebut meraih suara terbanyak ketiga setelah Juan dan Hanyeq. “Tinggal diajukan ke pimpinan Dewan, berkasnya sudah lengkap,” katanya.    #Sonny Lee Hutagalung

Ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here