Hits: 12

Nikahi Gadis Dayak depan Mako dan putri masuk Polwan

Iptu Ruwadiantono, Kapolsek Long Apari yang memulai karir sebagai Polisi dan akan mengakhiri pengabdian di tempat yang sama. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG APARI – KABARKUBAR.COM

Ruwadiantono, seorang Polisi yang kini menjabat Kepala Kepolisian Sektor Long Apari dengan pangkat Inspektur Tingkat Satu. Pria akrab disapa Tono ini, punya banyak cerita tentang daerah perbatasan di bagian hulu Sungai Mahakam. Sebab, ia mengawali karir sebagai Polisi di Polsek Long Apari, dan akan purna tugas di tempat itu.

“Empat tahun lagi saya pensiun mas. Pertama tugas disini, nanti selesai disini juga,” ujarnya dalam bincang santai di bawah pohon ketapang dekat Mako Polsek Long Apari.

Tono mengisahkan, ia masuk pendidikan untuk menjadi Polisi pada pertengahan tahun 1991. Lulus di awal tahun 1992 dari Sekolah Bintara Polisi Sukarela atau Sebapolsuk. “Saya leting (angkatan) 10. Seangkatan dengan Pak Pur (Kapolsek Long Bagun, AKP Purwanto),” katanya.

Setiap hari saat sedang di Mako Polsek, Tono bertemu atau sekedar bertatapan dengan seorang gadis. Gadis Dayak Aoheng itu bernama Ludovika Asung yang kebetulan rumahnya tepat di depan mako polsek. Hanya dipisahkan halaman berjarak sekitar 10 meter.

Cinta bersambut, Tono dan Ludovika menikah di tahun 1994. Dari pernikahan itu, lahir tiga anak. Anak pertama, Eki Aprilia Restianti Devung lulus dari Institut Pertanian Bogor dan tahun 2021 masuk ASN di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Anak kedua adalah Anjar Dwi Prasetyo yang lulus dari Universitas Mulawarman. Terakhir, Wanda Yulita Widianti yang bersekolah di SMAN 1 Long Apari di tahun 2022.

Alhamdulilah mas, Wanda ikut jejak saya, masih SMA tapi sudah lulus Polwan dan akan ikuti pendidikan di SPN (Sekolah Pendidikan Polisi) pada Juli tahun 2022 ini,” jelas Tono.

Empat tahun bertugas di wilayah perbatasan negara itu, Tono ditugaskan ke Polsek Jempang yang berjarak hampir 500 kilometer dari Long Apari di tahun 1996.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here